Minggu, 31 Januari 2016

MEMBUAT ANAK SUKA MEMBACA

Assalamu'alaikum apa kabar bunda dan sista? Paling sebel kan ngelihat anak ngak rajin membaca? Yang dipegangnya hanya gudget saja. Kebanyakan emak-emak seperti saya kalau emak-emaknya lagi pada arisan supaya anak anteng ngak rewel alias diam dikasih deh jurus ampuh yaitu hengpong. Ada fitur menarik disana yaitu PERMAINAN alias Game.
Kalau anak gak megang hengpong and nge game berasa gimana gitu. Padahal zaman kita masih kecil sukanya permainan -permainan tradisional, kan? Berlari, main petak umpet, main galasin, gundu garis,karet, bulan sabit dan permainan seru lainnya. Tapi sekarang anak jadi malas bergerak yang dipegangnya adalah hengpong. Kan ada permainannya juga di hengpong yaitu bola hihihi...eits...jangan salah yang dimainkan itu bendanya dan anak ngak bergerak paling jempolenya yang bergerak akibatnya anak jadi malas deh. Obesitas akhinya. Lemak pun muncul diperut hihihi.


Nah bagaimana supaya anak rajin membaca. Berikut tips ala-ala emak Hiday hihihi...



  • Usahakan lingkungan rumah di ruang tamu ada buku alias perpustakaan mini. Kecil saja kalau tidak bisa menyediakan yg besar. Yang penting dapat dijangkau anak.dan anak dapat melihat dan mengambil sendiri. O,iya saat meletakkan buku diperpus mini ajak anak untuk memilihnya agar anak bisa semakin semangat dan suka membaca. Saat membelinya nanti biarkanlah anak yang memilih buku yang disukai anak. Bukan disukai emaknya hihihi. Tapi kita sebagai orang tua bisa menyarankan jika  ada buku yang kurang bagus. Misal komik tapi ada pakaian atau perbuatan yang didalamnya tidak sesuai dengan perkembangan usia anak kita.( yang ini perlu diwaspadai ya, krena banyak sekali gmbar komik mengarahkan anak pada perbuatan tidak bagus).
  • Emaknya harus suka baca juga
Nah lho, yang ini perlu digaris bawahi. Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. eits....maksudnya pengen anaknya suka baca kan? Nah emaknya juga harus rajin membaca. Minimal membaca koran gosip hihihih  ehh...enggak deh masudnya menambah bacaan terserah asal bermanfaat.
"semakin anak suka membaca kecerdasan bahasa anak akan berkembang."
  • Rajin membacakan cerita atau dongeng
lakukanlah sepekan sekali sebelum tidur. Kalau setiap hari lebih bagus. Daya imaginasi anakpun akan berkembang. Ibarat kertas putih anak akan menuliskannya dengan baik.

  • Ajak anak ke toko buku
Ajaklah anak menikmati keseruan belanja ditoko buku. kalau tidak bisa mintalah sekolah untuk dapat mengunjungi toko buku. Seperti yang dilakukan oleh siswa siswi SDI At-Taqwa Rawamangun yang tergabung dalam club KPPC kelompok Penulis dan Pembuat Cerpen yang berkunjung ke toko buku Gunung Agung di Arion mall Rawamangun  Simpel banget caranya:
1. Datang dengan membawa surat izin dari sekolah
2. Bertemu kepala tokonya
3.Negosiasi kegiatan
4. Dapet deh izin waktu kegiatan plus ada  hadiah kecil untuk anak - anak.  simpel kan??
Nah, SDI At-Taqwa berkunjung ke toko buku yang dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Januari 2016. Sebanyak 26 anak yang tergabung di club KPPC ikut ke toko buku. Ada dua guru yang ikut saya Hidayati dan Pak Dayat. Dibantu WOK kelas Mama Nadira, Mama Huma, dan Mama Al. Berangkat dari sekolah sekitar pukul 10.00.
Sebelumnya, didata dulu anak-anak  yang pergi. Apa saja yang harus dilakukan diberitahu kepada anak-anak. Role seperti ini sangat penting. Agar anak disiplin dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Diantarnya  adalah mencari buku yang disukai dan membacanya sejenak sebelum dibeli. Setelah selesai anak-anak KPPC pun berangat ke Arion Mall
sebelum pemberangkatan
tiba di lokasi

Sampai di Arion Mall disana dibariskan dulu. Baru masuk toko. Banyak yang kaget sih pas kami tiba disana. Pagi-pagi sudah ada pasukan hijau batik anak-anak pula yang kesana. Pak satpam pun bertanya mau ke toko buku ya? Saya hanya mengangguk dan tersenyum ramah. Pasti kalau ke mall naik eskalator. Hati-hati bila menggunakannya. Mengapa? Biasanya anak-anak bercanda. Nah, tugas kita mengingatkannya.


Disya dan kawan-kawan
Tiba disana disambut oleh kepala tokonya dengan ramah. Diberikan wejangan sebelum membeli buku yang disukai.
sebelum menambah wawasan ciezz dulu


Serunya anak -anak sangat bersemangat dan berlarian mencari buku  Seru hihihi. Oiya, pas kesana anak-anak membawa uang untuk membeli buku sendiri. Plus mengajarkan anak tentang konsep uang dan jual beli. Keren kan? (baca juga belajar mengelola uang untuk anak)


Sebelum seru-seruan membeli buku anak-anak menitipkan perlengkapan atau tempat minum yang mereka bawa ke petugas penitipan barang ditoko buku Gunung Agung di Arion mall Rawamangun  
Baru setelah itu mencari buku.
titip tempat minum

keseruan mencari buku yang disukai



Diberikan waktu  lima puluh menit berada di toko buku. Setelah selesai sebaian anak mulai mengantri membayarnya.Anak membayar sendiri bukunya dan mendapatkan kembalian hal ini dilakukan agar anak mengenal konsep uang (baca juga belajar mengelola uang untuk anak)
tempat membayar buku
siap mengantri untuk membayar buku

.
aku bayar bukunya seriuss nih
Alhamdulillah , setelah anak -anak  selesai membayar bukunya, saatnya anak-anak kembali ke sekolah. 
What a wonderfull today. Nambah ilmu, nambah semangat membaca. Minimal itulah yang bisa saya lakukan. Semangat membaca selalu anak-anak. We love you (Hdy -love teach and write)

ini dia panitia kecil acaranya
note: gambar buku google dan dokumentasi pribadi


Jumat, 29 Januari 2016

SEBUAH GELANG


                                                  
Aku bukan wanita yang rapuh apalagi galau. Aku masih punya Tuhan yang selalu membantu kesulitan hambanya. Segala yang kamu punya sekarang memang hasil dari jerih payahmu. Tapi apakah kamu lupa? Setiap yang kamu lakukan ada peran aku juga? Aku membantumu dalam do’a-do’aku.
Lamunanku terhenti saat Lisa menghantarkan daun-daun kepadaku. Lisa memberi tanda agar aku menerima daun daun yang Lisa ambil. Lalu disuruhnya aku menyebar daun daun keatas. Lisa  terlihat senang. Ia lalu mengambil daun-daun kembali  lalu dilemparkan keatas lagi, “seperti hujan” begitu katanya. Ya, daun-daun berserakan seperti hatiku yang kini berserakan. Tapi aku tak mau larut dalam masalah seperti ini. Lamunanku kembali hadir saat pertemuanku dengan Uda Agus. Aku memanggilnya dengan Uda. Laki-laki berperawakan tinggi  itu telah membuatku luluh saat itu. Sikapnya berwibawa, tatapan mata yang tajam dan penuh pecaya diri memantapkan hati ini untuk menerimanya. Padahal Yanti sahabatku sudah jelas melarangnya. Entah! Aku tidak tahu alasan Yanti. Tapi karena aku sudah mencintainya maka aku menerima saat Uda Agus ingin melamarku.
“Apa?” Yanti setengah berteriak tak percaya saat aku menyodorkan undangan ke padanya.“Kamu yakin Ros?” Yanti memandang wajahku tak percaya.
Aku mengangguk. “Pikirkan lagi Ros! Aku tahu siapa Uda Agus itu! Kamu belum terlalu lama mengenalnya?” Yanti terlihat geram. Pandangannya seperti tidak suka  pada Uda Agus yang ingin menikahiku.
“Kamu tahu? Seisi kantor ini sudah tahu siapa Uda Agus itu. Cukup beberapa orang saja yang jadi korbannya. Bukan kamu. Plis!” pintanya.” Kamu pikirkan lagi, ya!” Yanti memegang erat tanganku. Ada kegelisahan disudut matanya.
Itulah pertemuan terakhirku dengan Yanti. Esoknya aku baru tahu Yanti telah berhenti bekerja. Alasannya aku tidak tahu. Menurut informasi dari teman kantorku Yanti mengundurkan diri. “Aku sih yakin Yanti cemburu kamu ingin menikah Ros,” Risma memberikan pendapatnya.
Aku diam saja. Tidak mungkin Yanti seperti itu. “Kamu tidak tahu Ros Yanti dan Uda Agus itu…” temanku tak melanjutkan perkataanya. “Ah, sudahlah! Aku do’akan semoga lancar acaramu nanti,” katanya sambil meningalkanku yang masih tidak mengerti.
            Dua Minggu setelah kejadian Yanti berhenti. Aku pun menikah. Bahagia rasanya. Adat Padang aku kenakan. Terasa berat tapi tak apalah. Aku yang berlatar belakang jawa hanya manut saja.
            Setahun setelah pernikahan kami Uda Agus, diberikan promosi naik jabatannya. Tapi yang aku rasakan akhir-akhir ini Uda Agus berubah. Tak sehangat dulu. Bahkan sudah berani ringan tangan kepadaku.
Kejadian lainnya lagi  masih terekam dalam memoriku. Saat aku mencari gelang berharga dari Uda tidak ada di dalam lemari Seperti ada yang mengarahkanku untuk mencari di dalam tasnya.
Aku temukan sesatu. Surat tergeletak disana. Bersampul merah muda. Persis anak SMA yang baru menemukan cintanya.
Mataku terbelalak saat membaca isi surat itu. Di dalamnya surat itu tertulis jelas,
Sayang? Cinta? Tak lama lagi kita bisa bersama?
            Saat deru motor terdengar aku buru-buru memasukan kembali ke dalam tasnya.
            Itulah awal dari prahara rumah tanggaku. Uda kini pulang selalu larut malam. Alasannya karena ada meeting.
            Sebuah surat berwarna merah jambu, handpone yang dipegangnya erat dan diberi password semuanya  dan puncaknya saat aku ke mall bersama anakku. Aku melihat seorang laki-laki yang sangat mirip Uda Agus memegang seorang wanita. Aku mengikutinya. Ya..aku mengikutinya. Mereka terlihat bahagia. Diantara mereka ada seorang anak sebaya dengan anakku. Aku kaget bukan kepalang saat anak itu memangil dengan Ayah. Dan saat seorang wanita merangkul pundak suamiku. Ditangannya ada gelang yang hilang. Gelang itu milikku. Aku pun berteriak memanggil namanya,” Uda Agus! Teriakku lantang.Suamiku begitu kaget. 
Dan betapa kagetnya aku saat aku tahu yang bersama suamiku adalah sahabatku yang dulu menghilang kini hadir kembali. Tatapan matanya terlihat penuh penyesalan. Aku tahu apa yang terjadi. Dan tak perlu penjelasan apapun. Aku dekati wanita itu. Jadi beginikah yang kamu takutkan Yanti?? Dan gelang yang kamu kenakan adalah gelangku. Apakah kamu lupa? Yanti terdiam tak berkata apa-apa. Anakku menangis aku memeluknya erat dan meninggalkan mereka bertiga.
            Lamunanku terhenti saat  anakku menarikku untuk pulang. Kuambil payung lalu kututup payung warna hitam yang tadi aku bawa. Ya, aku pun kini sudah mantap dengan keputusanku perselingkuhan yang dilakukan tidak aku terima.  Bahkan dalam agamaku  atas nama apapun itu pernikahan diatas pernikahan dan perzinahan yang dilakukan tidak aku terima. Sakit memang. Tapi aku harus melangkah pasti.
            Kususuri danau ditaman ini aku harap walau airnya keruh untuk saat ini seperti kisahku akan ada hari esok yang akan menanti. Bersama anakku pasti.

.
                       

           


Rabu, 27 Januari 2016

EDUKASI GIZI UNTUK ANAK

Assalamu'alaikum sista kali ini saya ingin berbagi tentang Edukasi Gizi pada anak.
Edukasi Gizi untuk anak? Yup Anak saya dan anak pada umumnya kalau makan maka yang dicari pertama kali adalah bentuk tampilanya selain rasa pastinya. Kebanyakan anak memilih jajanan yang siap saji(saya juga hihihih)
Tapi tahukah kita tentang nilai gizi yang terkandung di dalammya? Apalagi sekarang ini banyak penyakit yang ada. Anak kurang pengawasan dalam memilih makanan. Pulang sekolah jajan sembarangan eh,, pulang - pulang sakit perut. Belum lagi kalau jajan sembarangan kita tidak tahu bahan baku yang digunakan dalam membuat kue tersebut. Hihihi mending kita bikin sendiri aneka resep membuat jus tuk anak dan anak jadi tahu sendiri nilai gizinya.
Manfaat wortel, buah yang ada seperti apel, pir, dan lainnya belum terlalu diketahui anak. Apalagi kalau kita sebagai emaknya kadang gampang menyerah kalau anak tidak mau makan kita nyari akhirnya makanan yang mereka suka seperti fastfood, dan lainnya. Nah ada buku bagus yang penulisnya juga kece nih. Namanya Mba Dyah Umi Purnama. Buku kerennya dengan judul seperti ini bakalan bisa membuat kita sebagai emak emak akan melek mengenai kandungan vitamin yang ada didalam buah-buahan atau makanan.
Buku cantik dan keren ini pas banget karena didalamnya ada keungulannya

  • cerita unik dan menarik
  • Ada pengetahuan vitaminnya
  • Anjuran kecukupan vitamin
  • ada resep makanannya juga
  • lembar aktivitas buat anak
  • Bonus kartu wow keren
    CERITA TERBAIK ANAK
    sumber foto Dyah



    Untuk judul bukunya keren-keren, diantaranya  adalah...
  • Rabun Ayam Karena Suka Makan Mata Ayam ?
  •  Beri-Beri Tidak Sama dengan Biri-Biri
  • Hii Kurang Darah karena Digigit Vampir ?
  • dll
Tampilan bukunya juga kece pas banget buat anak-anak yang suka dengan gambar plus ada cerita di dalamnya



cover buku


tahukah kamu?
Di dalam buku ini ada juga tahukah kamu? yang berisi informasi tentang vitamin.

cerita rabun ayam
  • RABUN AYAM

Nah cerita ini tentang anak yang bernama Dani yang kesulitan melihat pada waktu senja. Kenapa ya? Kok bisa disebut jadi rabun ayam? Setelah mencari informasi ternyata Dani kekurangan vitamin A.


  • HII..KURANG DARAH DIGIGIT VAMPIRE
Nah cerita ini berkisah tentang Fira yang mempunyai teman. Temannya ini sakit Anemia Macrocytic Megaloblastic karena kekurangan vitamin B12. Pada buku ini akan ada sumber makanan serta resep masakan tinggi vitamin B12



Nah, tampilannya keren kan.

Bila tidak sekarang kapan lagi? Yuk Bunda dan Sista kita arahkan anak gemar membaca juga plus dapat pengetahuan menarik didalamnya.
note: gambar foto Dyah

Selasa, 26 Januari 2016

LEMARI CERITA ALDI

Lemari Cerita Aldi
                                    Penulis: Hidayati
            “Bu, buku Aldi yang dinosaurus ada dimana?” tanya Aldi sambil memberataki tas yang ada di ruang perpustakaan.
            “Bukannya ada dikamarmu,” jawab ibu sambil meneruskan memasaknya.
            “Oh, ketemu! Ini dia!” Adi menyembulkan kepalanya ke dapur sambil memegang buku dinosaurusnya.
            “Sudah kamu baca Al?”
            Aldi menggeleng.
            “Wah, itu sudah dua bulan lho sejak kamu beli. Bulan yang lalu juga belum ya?” tanya ibu sambil memegang piring yang berisi tempe goreng.
            Aldi mengangguk .
            Pandangan Aldi teralihkan pada  tempe goreng yang dibawa ibu. Tak sabar tangannya mengambil tempe goreng itu. “Makasih, Bu! Aldi main sebentar, ya!” teriak Aldi yang sudah berlari menuju ruang tamu.
            Ibu mengeleng dengan kelakuan Aldi. “Tuh, kan lupa lagi! gumam Ibu.  Dilihatnya buku dinosaurus tergeletak dekat meja makan. Ibu mengambilnya.Lalu di taruhnya di perpustakaan kecil milik keluarga.
            Aldi memang suka membeli buku. Saking sukanya Aldi membeli buku setiap bulan. Tapi sayang, kesukaan Aldi dalam membeli buku tidak diimbangi dengan kesukaanya dalam membaca. Akibatnya bukunya menumpuk di lemari buku. Buku nya tergeletak begitu saja.
            “Al, ayah perhatikan kamu lebih suka bermain bola dari pada membaca. Yah, bermain bola tidak apa-apa,sih, tapi sekali-kali ajak teman-temanmu membaca buku di perpustakaan milikmu. Kan, disana banyak buku yang menarik,.” ucap Ayah sambil meletakkan koran yang sedang dibacanya.
            “Kasihan lho, lemarinya suka cerita,” ucap ibu sambil sambil tersenyum.
            “Lo, kok lemari  bisa ceita?” tanya Aldi heran.
            “Maksudnya buku-bukumu akan dibaca sendiri oleh lemari saja. Lebih tepatnya menjadi PAJANGAN SAJA!” jawab ayah.
            “Banyak anak-anak seusiamu ingin membaca buku, tapi karena keterbatasan dana mereka tidak bisa membelinnya,” lanjut ayah.
            Aldi terunduk,” “Ald mengerti, Yah!” jawabnya.
            “Lalu apakah kamu mempunyai ide bagaimana supaya buku-bukumu bermanfaat?” tanya Ayah.
            Aldi berpikir sejenak.. “Hmm…AHA!!” ucap nya senang yang sudah mendapatkan ide.
            Sekarang setiap hari Minggu, saat Aldi  bermain bola buku-buku itu dibawa. Ya, Aldi membuka perpustakaan keliling.
            Sesekali Aldi juga membacakan buku cerita untuk anak-anak kecil yang sedang bermain di lapangan. Anak-anak yang mendengarkan Aldi bercerita pun terlihat senang. Begitupula dengan ibu dan ayah terlihat gembira.
            Kini,bukan hanya lemari saja yang bisa cerita. Aldi juga   bisa bercerita.
           








Minggu, 24 Januari 2016

JALAN JALAN ALA EMAK EMAK

Jalan - jalan  yang murah meriah?
Kemana, ya? Nih ada sista yang murah meriah. Diantaranya setiap pekan biasanya mengajak buah hati jalan-jalan atau pergi ke taman. Kemana saja perginya?
1. Mall
sebagian orang mengajak anaknya ke mall sekedar belanja. Paling setelah selesai mengajaknya makan. Untuk saya pribadi sista mengajaknya ke toko buku yang ada di mall itu. Selain mendidik anak suka baca buku juga bisa menambah perbendaharaan anak, ilmu semakin nambah, kreatifitas anak pun ada.Seperti  dikatakan buku adalah jendela ilmu. Setelah puas dan membeli satu atau dua buku lanjut makan hihihi...traktir anak makan kesukaannya.


alternatif jalan-jalan


mall makan es cream


with my hubby


2. Taman
Kunjungilah taman kota di dekat tempat tinggal sista. Selain bisa berolahraga banyak kegiatan bermanfaat dissana. Kalau pagi berarti selain  menghirup udara segar plus ada joging gratis. Diataranya club sehat yang dilakukan salah satu panitia disana/di tempat taman tersebut. Ada alat olahraga gratis yang dapat digunakan oleh semua pengunjung.
Tuk makan gak perlu ribet banyak yang berjualan disana, Tapi kita juga harus pintar sista jajanannya murmer alias murah meriah tapi tetap ya sista kita harus mengedepankan yang namanya hiegienis.
3. Museum
Hmm, tempat yang jarang dikunjungi. Yang ini memang patut dijadikan aternatif kegiatan tuk buah hati. Selain mengembangkan imaginasi, nalar, dan kreatifitas. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi diantaranya museum Satria Mandala, Pancasila, Monas, dan lain-lain. Bagaimana dengan kota ditempat sista tinggal? Banyak kah museumnya. Yuk! galakan kembali AKU CINTA MUSEUM


MAKANAN SAAT SAKIT TENGOROKAN

Makan apa ya saat sakit tengorokan?
Assalamu'alaikum sista? Cuaca seperti ini pastinya banyak deh yang sakit. Apalagi kondisi bada lagi enggak fit. Terutama buah hati tercinta. kasihan kan. Nah apalagi kalau sakit tengorokan hmm.. malam-malam nangis saat nelen makanan hiks...
Nah untuk mencegah sakit tengorokan harus makan makanan yang seimbang. Seperti sayuran dan buah-buahan. Serta jangan lupa minum air putih. Tapi jika sakit makan makanlah yang lembut dan mudah ditelan. Tapi bergizi tinggi.
1. SUP AYAM
kadang sup ayam mempunyai efek anti peradangan. Bahkan uap sup dapat membantu mengurangi sumbatan hidung.

Untuk resep dari sup ayam enak seperti ini bahanya ssb:
1. ayam yangdipotong bisa menggunakan ayam pahanya atau dadanya( kalau beli di swalayan bisa minta tolong untuk dipotong kecil kecil. hihi biasanya saya bilang buat sup)
2. Wortel yang dipotong-potong *sesuai selera
3. kentang
4. buncis kalau suka
5. kol 
6. seledri dan daun bawang (dipotong halus)
7.tomat
8. 2 siung bawang putih
9. setengah bawang bombay( diiris)

Cara Membuatnya
1. panaskan wajan. Beri sedikit minyak. Masukan bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
2. Masukan air lalu masaukan ayam yang telah dipotong potong. Setelah ayam terlihat empuk masukan wortel dan kentang
3. Jika semuanya sudah terlihat matang masukan daun bawang seledri, kol, tomat.
4. Siap dihidangkan beri taburan bawang goreng.
Selamat mencoba




SOAL TEMATIK



I. Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang paling tepat!
 1. Apa yang terjadi pada Beni?
      A. sakit
      B. bermain
      C. sekolah
2. Siapa yang datang berkunjung ke rumah Beni?
    A. pak guru
    B. Tiur dan Ibu
    C. teman-temannya

3. Contoh dari kalimat seru adalah…
    A. Ayo atur barisan!
    B. Mengapa dia sakit?
    C. Ini bu Ani


4.Kalimat tanya yang tepat  adalah…
   A. mereka bermain di lapanga
   B. siapa yang sedang bermain?
   C. Beni sedang bermain tarik tambang

5.  Dari percakapan diatas, Beni merasa bosan ia ingin…
A. belajar
B. bermain bola
C. membaca dan bermain bola

6. Hasil dari 235 + 121 adalah…
     A. 356
     B  357
     C. 365

7. Hasil dari 342 + 29 adalah…
   A. 370
  B. 371
  C. 372

8. Hasil dari 345 – 231 + 37 adalah…
   A. 114
   B. 151






                                                                                                                                                                   9. Kalimat perkalian yang tepat pada gambar diatas adalah....
   C. 152




  Kalimat perkalian yang tepat pada gambar diatas adalah…
  A. 5 x 3 = 12
  B. 3 x 5 = 15
  C. 5 x 5 = 25

10..Ayah kegemarannya bermain bola. Ibu suka menanam bunga.Adik suka bermain boneka. Kalau Edo suka bermain sepeda. Kalau kakak suka bermain boneka menemani adik dan menanam bunga. Berdasarkan kegemarannya ternyata….
     A. kakak dan ayah sama  kegemarannya bermain bola
     B. ibu dan kakak sama kegemarannya menanam bunga
     C. Edo dan ibu sama kegemarannya bermain bola

11. Melakukan kegiatan perlombaan satu team hendaknya kita harus….
     A. bersatu agar menang
     B. sendiri-sendiri
     C. biasa saja

12.Jika kita tidak menghargai  dalam keberagaman akan menyebabkan…
     A. pertengkaran
     B. kedamaian
     C. kerukunan

13. Jika pekerjaan kerjabakti dikerjakan sendiri akan terasa….
     A. berat
     B. ringan
     C. biasa saja

II. Lengkapilah soal berikut dengan jawaban yang benar!
 

1.Pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama akan….
2. Jika tidak bekerjasama maka pekerjaan akan ….
3. Hasil dari 453 – 127 adalah…..
4. Hasil dari 127 + 129 adalah…..
5. 6 +6 + 6 + 6  =  …….   X ……  = …..
6.  Hasil dari  21 : 3 adalah….
7. Hasil dari 23 x 2 adalah….

III. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!
1.  Sebutkan  2 pekerjaan  yang dapat dilakukan dengan bekerjasama!
2.  Sebutkan 2 manfaat dari kerjasama!                                 

3.Ibu membeli 4 keranjang buah. Pada tiap keranjang ada 8 apel.   Berapa jumlah apel seluruhnya?
4 Ibu guru membawa 35 penghapus. Penghapus itu akan diberikan kepada 5 siswa yang bepresatasi sama banyak. Berapa penghapus yang diterima masing-masing siswa?

 



BERLATIH MENULIS

Assalamualaikum.
sista apa kabarnya? Semoga fine selalu ya. Beberapa waktu lalu tepatnya ahad aku ikt acara pelatihan menulis yang diselengarakan oleh hukum online. Pembicaranya super duper keren. Mba nunik utami(hihihi udah kenal tapi udah lama gk ketemu)orangnya humbel bingits lho. Kalau menurutku mba nunik itu  tomboy...(bener gk mba?)
Aku diantar miswa ke gedung dikawasan puri imperium.
Aku didepan ruang hukum online gaya dulu
Nah ini adalah aku saat datang. Acaranya jam 10.00 saat aku aku tiba disana ketemu dua peserta. Tapi lupa namanya hihihi.
Ruang kerja hukum online



Saat kami menunggu pak  Anggara  selaku community manager mengajak kami keruang kerja Hukum online. ini kesempatan yang tidak boleh dilewatkan hihi.


Setelah itu kami naik keruang pelatihan. Tempatnya nyaman. Dan kami menunggu pembicara datang.Trallaaa.... ini dia pembicaranya mba nunik. Tralalala..... 




Setelah itu acaranya pun dimulai. Eing...ing eeng....jreeengg. jeung Nunik pun mulai pembukaan. Menyapa peserta pelatihan. Sebagian peserta sudah dikenal mba Nunik. Ciee...mba nunik memang terkenal nih.
untuk sesi ini peserta diberi materi menulis dari awal sampai akhir. Penokohan,alur yang sibuat dan lainnya. Setelah slide dibuka dan peserta pun antusias bertanya. ..
Oiya ada sesi tanya jawab dan sesi pemilihan karya. Nah pas sesi pemilihan karya aku dapat juara 3 yeiiy...