Minggu, 31 Januari 2016

MEMBUAT ANAK SUKA MEMBACA

Assalamu'alaikum apa kabar bunda dan sista? Paling sebel kan ngelihat anak ngak rajin membaca? Yang dipegangnya hanya gudget saja. Kebanyakan emak-emak seperti saya kalau emak-emaknya lagi pada arisan supaya anak anteng ngak rewel alias diam dikasih deh jurus ampuh yaitu hengpong. Ada fitur menarik disana yaitu PERMAINAN alias Game.
Kalau anak gak megang hengpong and nge game berasa gimana gitu. Padahal zaman kita masih kecil sukanya permainan -permainan tradisional, kan? Berlari, main petak umpet, main galasin, gundu garis,karet, bulan sabit dan permainan seru lainnya. Tapi sekarang anak jadi malas bergerak yang dipegangnya adalah hengpong. Kan ada permainannya juga di hengpong yaitu bola hihihi...eits...jangan salah yang dimainkan itu bendanya dan anak ngak bergerak paling jempolenya yang bergerak akibatnya anak jadi malas deh. Obesitas akhinya. Lemak pun muncul diperut hihihi.


Nah bagaimana supaya anak rajin membaca. Berikut tips ala-ala emak Hiday hihihi...



  • Usahakan lingkungan rumah di ruang tamu ada buku alias perpustakaan mini. Kecil saja kalau tidak bisa menyediakan yg besar. Yang penting dapat dijangkau anak.dan anak dapat melihat dan mengambil sendiri. O,iya saat meletakkan buku diperpus mini ajak anak untuk memilihnya agar anak bisa semakin semangat dan suka membaca. Saat membelinya nanti biarkanlah anak yang memilih buku yang disukai anak. Bukan disukai emaknya hihihi. Tapi kita sebagai orang tua bisa menyarankan jika  ada buku yang kurang bagus. Misal komik tapi ada pakaian atau perbuatan yang didalamnya tidak sesuai dengan perkembangan usia anak kita.( yang ini perlu diwaspadai ya, krena banyak sekali gmbar komik mengarahkan anak pada perbuatan tidak bagus).
  • Emaknya harus suka baca juga
Nah lho, yang ini perlu digaris bawahi. Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. eits....maksudnya pengen anaknya suka baca kan? Nah emaknya juga harus rajin membaca. Minimal membaca koran gosip hihihih  ehh...enggak deh masudnya menambah bacaan terserah asal bermanfaat.
"semakin anak suka membaca kecerdasan bahasa anak akan berkembang."
  • Rajin membacakan cerita atau dongeng
lakukanlah sepekan sekali sebelum tidur. Kalau setiap hari lebih bagus. Daya imaginasi anakpun akan berkembang. Ibarat kertas putih anak akan menuliskannya dengan baik.

  • Ajak anak ke toko buku
Ajaklah anak menikmati keseruan belanja ditoko buku. kalau tidak bisa mintalah sekolah untuk dapat mengunjungi toko buku. Seperti yang dilakukan oleh siswa siswi SDI At-Taqwa Rawamangun yang tergabung dalam club KPPC kelompok Penulis dan Pembuat Cerpen yang berkunjung ke toko buku Gunung Agung di Arion mall Rawamangun  Simpel banget caranya:
1. Datang dengan membawa surat izin dari sekolah
2. Bertemu kepala tokonya
3.Negosiasi kegiatan
4. Dapet deh izin waktu kegiatan plus ada  hadiah kecil untuk anak - anak.  simpel kan??
Nah, SDI At-Taqwa berkunjung ke toko buku yang dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Januari 2016. Sebanyak 26 anak yang tergabung di club KPPC ikut ke toko buku. Ada dua guru yang ikut saya Hidayati dan Pak Dayat. Dibantu WOK kelas Mama Nadira, Mama Huma, dan Mama Al. Berangkat dari sekolah sekitar pukul 10.00.
Sebelumnya, didata dulu anak-anak  yang pergi. Apa saja yang harus dilakukan diberitahu kepada anak-anak. Role seperti ini sangat penting. Agar anak disiplin dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Diantarnya  adalah mencari buku yang disukai dan membacanya sejenak sebelum dibeli. Setelah selesai anak-anak KPPC pun berangat ke Arion Mall
sebelum pemberangkatan
tiba di lokasi

Sampai di Arion Mall disana dibariskan dulu. Baru masuk toko. Banyak yang kaget sih pas kami tiba disana. Pagi-pagi sudah ada pasukan hijau batik anak-anak pula yang kesana. Pak satpam pun bertanya mau ke toko buku ya? Saya hanya mengangguk dan tersenyum ramah. Pasti kalau ke mall naik eskalator. Hati-hati bila menggunakannya. Mengapa? Biasanya anak-anak bercanda. Nah, tugas kita mengingatkannya.


Disya dan kawan-kawan
Tiba disana disambut oleh kepala tokonya dengan ramah. Diberikan wejangan sebelum membeli buku yang disukai.
sebelum menambah wawasan ciezz dulu


Serunya anak -anak sangat bersemangat dan berlarian mencari buku  Seru hihihi. Oiya, pas kesana anak-anak membawa uang untuk membeli buku sendiri. Plus mengajarkan anak tentang konsep uang dan jual beli. Keren kan? (baca juga belajar mengelola uang untuk anak)


Sebelum seru-seruan membeli buku anak-anak menitipkan perlengkapan atau tempat minum yang mereka bawa ke petugas penitipan barang ditoko buku Gunung Agung di Arion mall Rawamangun  
Baru setelah itu mencari buku.
titip tempat minum

keseruan mencari buku yang disukai



Diberikan waktu  lima puluh menit berada di toko buku. Setelah selesai sebaian anak mulai mengantri membayarnya.Anak membayar sendiri bukunya dan mendapatkan kembalian hal ini dilakukan agar anak mengenal konsep uang (baca juga belajar mengelola uang untuk anak)
tempat membayar buku
siap mengantri untuk membayar buku

.
aku bayar bukunya seriuss nih
Alhamdulillah , setelah anak -anak  selesai membayar bukunya, saatnya anak-anak kembali ke sekolah. 
What a wonderfull today. Nambah ilmu, nambah semangat membaca. Minimal itulah yang bisa saya lakukan. Semangat membaca selalu anak-anak. We love you (Hdy -love teach and write)

ini dia panitia kecil acaranya
note: gambar buku google dan dokumentasi pribadi