Kamis, 04 Februari 2016

MEMBUAT ANAK MENJADI KREATIF

Assalamu'alaikum ibu- ibu kreatif? Semoga senantiasa mendapatkan keberkahan usia dan waktu.Aamiin. Pernah dengar  seorang ibu berbicara kepada ibu lainnya, "Jeung anak saya mah tidak kreatif. Kalau anak jeung sepertinya kreatif. Kalau anak saya  malas." 
Mungkin ini hanya kasus kecil, Masih ada kasus yang lainnya. Tapi sekarang saya akan membahas tentang kreativitas. Bagi saya anak perlu juga kreatif. Kreatif bisa membuat anak dapat menyelesaikan masalahnya. Mulailah dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu.
Pelabelan ibu terhadap anak sendiri yang membuat anak kita tidak kreatif." Buang-buang waktu. Gak ada gunanya kamu buat itu. Jangan, Nak nanti kotor!" Jangan, Nak! Nanti lengket tanganmu kalau main lem seperti itu," Nah mungkin kita sebagai orang tuanya yang secara tidak langsung membuat anak tidak kreatif.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kreativitas 1. adalah kemampuan untuk mencipta; daya cipta; 2.perihal berkreasi; kekreatifan.
Adapun diantara ciri -ciri anak yang kreatif  sbb:
  1. Mampu berkonsentrasi
  2. Memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi
  3. Memiliki apresiasi terhadap sesuatu yang bernilai estetik (indah)
  4. Memiliki ketertarikan terhadap sesuatu yang kompleks dan misterius
  5. Memiliki rasa ingin tahu
  6. Senang  jika menemukan sesuatu (invensi)
  7. Memiliki keinginan untuk selalu berbagi ide
  8. Selalu berusaha memperbaiki kekacauan atau ketidakteraturan
  9. Memiliki dasar pengetahuan yang luas
  10. Memiliki sifat fleksibel
  11. Mempunyai ingatan yang baik, dan sangat memperhatikan detil
  12. Memiliki energi tinggi dan selalu antusias
  13. Suka berimajinasi
  14. Mandiri
  15. Mempunyai kendali evaluasi diri yang baik
  16. Suka menciptakan sesuatu
  17. Tidak mempunyai toleransi terhadap kebosanan
  18. Membutuhkan iklim yang mendukung
  19. Terbuka terhadap pengalaman dan hal-hal baru
  20. Suka bermain-main
  21. Berani mengambil resiko
  22. Memiliki rasa percaya diri yang besar
Apakah anak kita memiliki beberapa ciri seperti yang disebutkan diatas? Kalau tidak ? marilah kita membuat anak kita menjadi kreatif. Bagaimana membentuk anak kreatif??
Nah, Bunda..tuk membentuk anak menjadi kreatif diantaranya yang dapat kita lakukan adalah:
1. Memilih pola asuh yang tepat
memilih disini adalah orang tua tidak terlalu mengontrol ekspresi kreativitasnya. Tidak dibarengi dengan kritikan dan lain-lain. Biarkan anak bereksplorasi kita cukup memantaunya saja.
2.Hindari kritikan yang mematikan kreatifitasnya.
Misal anak sedang mengambar sesuatu lalu mewarnai yang menurut kita tidak sesuai. Jangan sampai kita bilang gak bangus warnanya harusnya yang ini. Lebih baik ganti dengan pertanyaan. "coba lihat kelangit awannya warna apa ya? Kalau warna merah menurut kamu gimana?" Biarkan anak menemukan jawabannya sendiri.
3. Menghargai karya anak
Satu hal bagi saya sulit untuk mengungkapkannya atau mungkin bunda juga yaitu mengucapkan kata," wah bagus! ". "Wah Hebat!" Ih keren gambarnya!" Padahal kata-kata seperti itulah yang akan membuat anak menjadi lebih percaya diri terhadap hasil yang telah dibuatnya.
4. Berikan hadiah
Jika anak di sekolah mendapatkan nilai yang bagus atau tidak dalam hal mengembangkan kreatifitas anak berikanlah hadiah tidak mahal kok bisa memberinya penghapus, pensil atau alat tulis lainnya. Bilang juga ini karena kakak hebat bisa membuat prakarya yang keren, jadi bunda kasih ini!
Tidak susah bukan? 
Dewasa ini perlu juga kita membentuk anak menjadi anak-anak yang kreatif. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah diantaranya membuat gelang  Ini juga mengembangkan kreatifitas anak. 

karyaku
Bahan yang dibutuhkan cukup sederhana untuk membuat gelang. Yaitu:
1. tali khusus gelang warna putih
2. gunting
3. manik manik aneka bentuk
Cara membuatnya adalah sebagai berikut:
1. Ukur benang kepergelangan tangan jangan terlalu rekat. Usahakan benang disisakan 10 centi untuk mengingatkan agar mudah
ukur tanganku dengan tali gelang
masukan manik maniknya
3. Jika sudah selesai memasukan manik-maniknya, langkah selanjutnya adalah mengikat gelang tersebut agar tidak lepas.
diikat ya...supaya tidak terlepas hihihi
4. Tralala jadi deh gelangnya. Mudah bukan?


Kreativitas sangat mudah kok asal kita sebagai orangtuanya mau berakit rakit kehulu istilahnya. Mencari, mengadopsi, dan lakukanlah atau kerjakanlah. Maka hasilnya semoga anak kita akan menjadi anak yang kreativ yang bukan hanya bisa membeli tapi bisa membuatnya. Asyik kan?
(Hdy- love teach and write)