Kamis, 03 Maret 2016

MANAJEMEN WAKTU? BISAKAH?

Assalamu'alaikum apa kabarnya semua? Semoga selalu dalam keadaan sehat, berkah waktu dan usianya.

Pernahkah berpikir tentang WAKTU?  Waktu yang dberikan pencipta kita Allah SWT?
Berapa jam waktu yang diberikan dalam satu hari? Yup, Allah  memberikan 24 jam dalam sehari. Tapi sepertinya tidak cukup. Jika 1 hari 24 jam. 1 jam 60 menit 1 menit 60 detik (matematika banget ya,  hihih). semuanya sepertinya tidak cukup. Padahal jelas Allah mengingatkan manusia dalam Qs. Al-Ashr  "Sesunguhnya manusia benar-benar dalam kerugian. Kecuali  yang beriman dan beramal shaleh."




Saya pribadi sebagai ibu, dan guru di SDI At-Taqwa juga sepertinya keteteran dengan waktu. Kok sudah jam segini ya? Aduh super duper WOW. Waktu seakan cepat sekali berlalu. Tau-tau sudah siang, kok cepat banget sekarang sudah sore. Cucian masih numpuk, Teriskan belum digosok (ih..lempar aja ke laundry he..he..he..). Pr belum dikerjakan. Aduh, gimana nih?? 

"Aku tuh ya, Mbak kalau pagi harus masak buat sarapan anak-anak. Paling mereka bawa sampai siang. Kalaupun nggak sempat ya, beli aja deh! Praktis! Tapi itu dia Mbak suami saya sukanya masakan rumah duh kalau pagi rempoong!" (hihihi..sama dong dengan saya)

"Sama Jeung, apalagi saya tidak ada yang bantuin serasa waktu cepat banget berlalu. Bangun gelap eh, gak terasa masih nguplek didapur. Malamnya tinggal tepar." ( duh..sama lagi dengan saya kalau lagi libur sabtu dan ahad)

Meminjam istilah dari Hasan Albana waktu sama dengan kehidupan. Oleh sebab itu, pilihannya ada ditangan kita sendiri mau sia-siakan waktu dan hidup  atau kuasai waktu dan hidup anda. Kira-kira saya atau anda berada dimana, ya? hehehe...

"Udah, nanti saja pulangnya. Lebih baik habiskan waktu dulu!" Hellow...waktu tak pernah habis. Yang ada adalah kita menghabiskan waktu dengan sia-sia ( Tapi yang tahu hanya kita saja apakah kita menyiayiakan waktu atau tidak?)


Stephen R Covey jelas mengatakan kuncinya  bukan  pada  cara menghabiskan waktu, namun bagaimana kita bisa menginvestasikan waktu.

Hmm, sejauh ini saya pribadi harus terus berusaha memanaj waktu dengan baik. Kalau pagi misal kudu memasak buat anak dan suami. Kalau tidak bisa terpaksa harus beli. Hanya kalau beli bisakah dijamin bahan yang digunakan? (untuk ini kudu hati-hati) Belum pulangnya harus juga menyiapkan ini dan itu. Emak emak apalagi repong dengan segudang aktivitasnya (tull nggak?) 


"Gunakan waktu sebaik mungkin, jangan lewatkan kesempatan yang ada (William Shakespeare)"
Waktu itu sendiri memiliki karakteristik, diantaranya:

  • Cepat berlalu
Seperti tadi kok terasa cepat ya baru saja selesai masak sudah sore saja. Baru saja istirahat kok cepat banget harus jemput anak di sekolahnya.

  • Waktu bergulir sangat cepat. 
Melihat perkembangan anak kita misal tahu tahu sudah kelas 2 atau kelas 6 padahal kemarin masih Tk. Atau mungkin ketemu teman SMA ternyata sekarang sudah punya anak 4. ( cepat sekali waktu bergulir ya?)



JADI BAGAIMANA TIPS untuk MANAJEMEN WAKTU?


  1. Menyadari waktu hanya 24 jam
  2. Analisis waktu hari ini yang terbuang
  3. Buat target apa yang harus dilakukan pada hari ini
  4. Bust list prioritas
  5. Biasakan mensetting waktu setiap kegiatan
  6. Manfaatkan waktu saat menunggu seseorang. Misal dengan membaca dll
  7. Jangan lupa istirahat hihihih


"Sebaik baiknya keislaman seseorang adalah ketika meninggalkan apa yang tidak bermanfaat baginya." (HR. Ahmad , Tarmizi dan ibnu majah)

Tidak ada salahnya merubah kembali kegiatan yang ada jika pagi hari keteteran dengan waktu yuk bareng-bareng merubah juga kebiasaan dengan  waktu dan aktivitas ibadah didahulukan juga. Misal sholat dhuha dulu, baca qur'an satu atau dua lembar ( usahakan kita berikan waktu kita juga dengan selalu mengingat Allah, sehingga waktu yang ada akan menjadi berkah). Jangan selalu merugi pada hari ini.  Seperti lagu Raihan yang mengingatkan kita tentang waktu

 Demi masa 
sesungguhnya manusia kerugian 
Melainkan yang beriman dan yang beramal shaleh 
Ingat lima perkara sebelum lima perkara 
Sehat sebelum sakit 
Muda sebelum tua 
Kaya sebelum miskin
 Lapang sebelum sempit 
Hidup setelah mati

Mari sama-sama mengevaluasi lagi. Semoga nantinya KITA BISA memanj waktu dengan baik. Aamiin  (Hdy- love teach and write)












Sumber gambar pribadi dan google