Selasa, 08 Maret 2016

MEDIA EDUKASI YANG TRENDI UNTUK ANAK? ADAKAH?

Assalamu'alaikum. Jumpa lagi dihari ini dengan saya di blog RUMAH PENUH INSPIRASI.
Kali ini saya akan membahas seputar media anak. Media anak sering diidentikan dengan pembelajaran. Penyampaian pembelajaran dari seorang guru/tutor/ guru TPA atau yang lainnya kepada si pembelajar dalam hal ini adalah Siswa.

Atau bahkan seorang ibu memberikan pelajaran kepada anaknya mengenai norma agama atau norma yang lainnya , misal tentang pengetahuan 25 Nabi.  Tapi mudahkah mengenalkannya? 
Jawabannnya saya rasa TIDAK. Apalagi segudang aktivitas yang dilakukan orangtua misalnya yang bekerja, maka waktu khusus untuk belajar bersama anak sedikit sekali.

Sekarang ini saja anak dapat mengakses dengan mudah internet ataupun mendounloud games di Hengpong yang kita miliki. Secara tidak sadar kita sebenarnya membuat anak  memjadi lebih suka games dihape dari pada belajar. Anak saya kreatif jeung sudah bisa buka hp sendiri. Ssst...hati-hati lho dengan alat elektronik seperti ini.(baca juga membuat anak menjadi kreatif)

Nah, media menurut KBBI adalah 1 alat; 2 alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk. 

Kalau media pendidikan sendiri adalah  alat dan bahan yang digunakan dalam proses pengajaran atau pembelajaran. Selain itu Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. 

LALU APA SAJA JENIS MEDIA PEMBELAJARAN ITU?
Ada beberapa jenis media yang akan dibahas disini seperti;
  1. Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
  2. Media Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
  3. Projected still media : slide; over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
  4. Projected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.

BAGAIMANA DENGAN MEDIA UNTUK ANAK DALAM BELAJAR ALQUR'AN?

Hmm, dewasa ini zaman semakin tidak menentu. Mengajarkan anak norma keagamaan pun terasa sulit. Sebagai orang tua kita perlu juga memiliki media sebagai alat penyampai suatu materi pelajaran yang menyenangkan. Belum lagi kita ingin anak kita mengetahui 25 Nabi. Bisa menghafal Alqur'an dengan mudah tapi kita tidak menemukan TPA (TAman Pendidikan Alqur'an) yang tepat dan dekat dengan lokasi rumah kita. Atau kita ingin anak-anak kita dapat menghafal sekaligus bermain? Tapi adakah media yang bisa menarik anak -anak?

Ada nih.... HAFIZ TALKING DOLL





Wow apakah itu? Ini media yang pas dan recomended banget buat anak anak kita. Suer deh! Aplikasinya saja keren abis. Nih aplikasinya
  • Bisa ngobrol sesama boneka, 
  • Menjawab list pertanyaan dari kita, Misal: kita Tanya” Assalamu’alaikum” Si Hafiz atau Hafizah akan menjawab “Wa’alaikumssalam”
  • Ada aplikasi di android yang bisa nyambung dengan hafiz/ hafizah.
  • Ada Murotal 30 Juz dari 3 Syaikh (Misyari Rasyid, Muhammad Thoha, Ahmad Saudi

Hanya itu? Ih.. ada lagi nih!? 
  • 99 Asmaul Husna dan artinya
  • 25 Cerita Nabi, Kisah Berima sekaligus Story Telling
  • 20 Kisah Sifat-sifat Teladan Nabi Muhammad SAW
  • 20 Tahukah Kamu? Tentang Nabi Muhammad SAW
  • 15 Suaraku Ceritaku tentang Binatang dalam Al-Qur’an
  • 26 Cerita di Balik Alphabet A-Z
  • 3 cerita nusantara (Maling Kundang, Danau Toba, Prambanan, atau kalau tidak perlu, bisa dideleted)
  • 30 games interaktif-tanya jawab (dibantu remote)
  • 3 Lagu2 Anak Islami (bisa ditambah sendiri, karena space memorynya masih ada kurang lebih 2GB)
  • Do'a sehari-hari
  • Belajar Kata, Kosakata: Arab, Inggris,Indonesia (Hewan, Dunia Tumbuhan, Benda, Bilangan, Alam Semesta, Tubuh Manusia, Al-Qur’an)
  • Sst..dikasih carger juga lho.
Tuh kerenkan? Oiya Boneka Hafiz Talking Doll ini ada 2 lho. Ada yang wanita dan ada yang laki-laki. Kalau yang wanita bernama Hafizah sedangkan yang laki-laki bernama Hafiz.


tampak belakang boneka


Biasanya saya sama anak Hani anak saya mendengarkan murotal anak-anak. Atau bermain games dengan Hani. Kalau bermain games biasanya saya melakukan suten. Siapa yang menang boleh menjawab pertanyaan yang ada (hihihi) Kadang saya juga pura-pura kalah biar Hani yang jawab ( untuk yang ini Hani tidak tahu) maklumlah saya pengennya Hani yang belajar. Sedangkan saya hanya menemaninya dan sesekali ikut meramaikan gamesnya. Oiya ada kalau benar ada kata katanya juga lho plus nanti dikasih penjelasan atas pertanyaan tadi ( kerenkan)





Saya juga selalu membawa Hafizah ke sekolah. Biasanya saya selalu menyetel lagu-lagu. Sering juga menyetel alqur'an. Abdu siswa saya di kelas saya sangat suka dengan Qs Alwaqi'ah. " Bu Alwaqi'ah dong, Bu! begitu ucapnya.Atau kadang bermain bersama anak-anak. Bermain Games.


kegiatan bersama hafizah

SIAPA SAJA YANG SUDAH MEMILIKI?

Aku sudah lho. Ini ada juga beberapa yang sudah memiliki Boneka Hafiz Talking Doll



beberapa pesanan



testimoni


Kalau bunda dan yang lainnya belum punya tidak ada salahnya memberikan media seperti ini. Yuk! Kalau berminat dapat menghubungi Kak Aziz ya!







 Mau tanya-tanya katanya juga bisa lho!  Itu ada telp yang bisa dihubungi.
Yuk! Media Edukasi untuk anak bersama HAFIZ TALKING DOLL membuat anak CERDAS DAN SHOLEH BERSAMA HAFIZ DAN HAFIZAH 
(Hdy-Love Teach & Write)