Jumat, 04 Maret 2016

SERUNYA HARI INI (EKSPERIMEN GUNUNG BERAPI)

Assalamu'alaikum semua. Sehat selalu. Salam super juga. Super menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Aamiin.
Hari ini tema yang saya angkat tentang SERUNYA HARI INI. Tema yang ringan saja karena berkaitan dengan kegiatan saya bersama anak-anak di kelas (hehehe) 

Tepatnya hari Rabu, saya menugaskan anak anak membawa beberapa peralatan untuk membuat gunung berapi. Kebetulan temanya tentang BUMI. Berkaitan dengan keadaan lingkungan sekitar salah satunya keadaan ketika terjadi gunung berapi. Saat saya menyampaikan kegiatan membuat percobaan anak -anak terlihat senang. Karakter anak memang seperti itu suka bermain. Bermainnya sambil belajar. Salah satunya dengan mengadakan percobaan.




"Apa yang harus dibawa, Bu?" tanya salah satu siswa saya. Saya tersenyum lalu menjelaskan apa saja yang harus dibawa dan menulisnya dipapan tulis. Setelah itu anak-anak mencatatnya dibuku penghubung.

Saya membagi menjadi 5 kelompok. Masing masing kelompok terdiri dari lima atau enam anak. Diambil berdasarkan jadwal piket dari hari Senin sampai Jum'at.

Bahan yang mereka harus persiapkan adalah
  • plastisin
  • wadah karton (bisa bekas tutup box sepatu)
  • krayon
  • kertas putih ( buat gunung)
  • cuka
  • soda kue
  • pewarna makanan
  • solasi
  • gunting
  • aneka hewan atau pohon kecil sebagai asesoris

alat-alat membuat gunung berapi


Sebenarnya bisa membuat gunung dengan plastisin atau media yang lain misal bubur kertas. Hanya saja saya ingin medianya adalah seperti yang diatas.

Tadinya anak -anak mintanya hari Kamis. Mungkin karena mereka ingin sekali istilahnya saking antusiasnya(hehehe) tapi tidak saya lakukan. Mengapa? Karena saya memberikan kesempatan jeda satu hari  agar orangtua yang bekerja bisa mempersiapkannya. Alhamdulillah anak -anak mengerti.

"Anak yang kreatif memiliki rasa ingin tahu"
Namun lagi-lagi terbentur dengan baju (Walah..) karena setiap hari Jum'at di sekolah anak-anak memakai baju putih-putih. Akhirnya saya mengingatkan untuk membawa alas untuk menutup baju mereka yang biasa digunakan untuk kegiatan mengambar atau mewarnai.

Jadilah hari ini   tepatnya hari Jum'at   setelah berdoa dan pembukaan saya jelaskan sedikit mengenai cara membuatnya. Setelah itu mereka melakukannya dengan membuat sendiri secara berkelompok. Anak-anak sangat kreatif. ( baca juga menjadi kreatif)

Yang pertama dilakukan adalah mewarnai kertasnya yang digunakan untuk membuat gunung. lalu melipat kertas menyerupai corong. Dalam kegiatan ini juga mereka dituntut memberikan tugas kepada anggotanya(temannya) dalam mengerjakan pembuatan gunung berapi.Ada yang mewarnai, ada yang menempel plastisin.




Langkah selanjutnya adalah setelah gunungnya jadi berikan alas plastisin agar kuat untuk gunungnya berdiri. Dan menambahkan asesoris lainnya seperti pohon , rumah, orang dan lainnya. Dan inilah hasilnya. Tralala...

bahan dan alat yang digunakan

hasil salah satu kelompok
Adapun kalau sudah jadi gunung maka langkah selanjutnya adalah memasukan soda kue ke dalam gunung. Lalu ditambah dengan pewarna makanan warna merah. Sesudah itu memasukkan cuka. Dan lihatlah apa yang akan terjadi kebanyakan jika berhasil akan terdengar suara WOW KEREEEN.  Ada juga yang tidak. Mungkin kesalahannya adalah ketika plastisin direkatkan ke kertas belum terlalu kuat akibantnya bagian bawah gunung bocor yang menyebabkan eksperimen kurang berhasil. 



ini dia caranya
Setelah selesai, malamnya saya sengaja mencari tahu apa perasaan mereka. Melalui orang tuanya saya mendapatkan beberapa komentar. Ini dia komentarnya.
komentar anak-anak
Semoga kegiatan hari ini akan menjadi kenangan tersendiri bagi mereka. Selamat menjadi anak-anak kreatif kembali di acara eksperimen selanjutnya. (Hdy-love teach &write)