Rabu, 08 Juni 2016

MENGENAL LEBIH DEKAT TOYOTA MOTOR


Sebuah mobil yang diproduksi perlu mendapatkan perhatian khusus mulai dari perakitannya sampai saat mobil tersebut jadi dan diuji coba. Hal inilah yang membuat saya tertarik mengikuti kegiatan Plant Tour. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa ternyata Toyota memberikan kesempatan kepada masyarakat atau kelompok masyarakat baik bagi siswa menengah kejuruan  untuk dapat mengunjungi tempat pembuatan mobil yang berada di Karawang. Tentunya dengan terlebih dahulu mengajukan surat untuk melakukan kunjungan.



saya tiba di meeting point

Kegiatan Plant Tour diadakan pada tanggal 25 Mei 2016. Saya tiba di meeting point jam 07.00. Ada sebagian yang sudah datang dan ada yang belum. Setelah itu saya menyapa beberapa blogger yang sudah datang terlebih dahulu. Salah satu hal yang saya lakukan adalah berkenalan dengan blogger yang belum saya kenal.

Di meeting point tepatnya di lokasi Sunter Head Office, Toyota Motor Manufacturing Indonesia.  Jam 07.00 harus tiba dilokasi meeting point. Saya juga bertemu dengan Mba Bianca selaku panitia Plant Tour dan mengajak menunggu beberapa peserta yang belum hadir.
front office TMMIN di Sunter


Akhirnya setelah menunggu beberapa menit datanglah beberapa blogger yang ditunggu. Dan kami pun ready tuk berpetualang ke Karawang melihat pembuatan dan perakitan mobil( Yippy....) jarum jam menunjukkan pukul 08.00.

Selama perjalanan di bus Mba Bianca selaku penanggung jawab acara ini menyapa teman-teman blogger dan memberikan sedikit penjelasan, seputar TMMIN. Lucunya mba Bianca memanggil kita dengan sebutan Teman TMMIN.




Setelah selesai memberikan arahan kepada para Blogger pihak dari Toyota juga memberikan  snack (Alhamdulillah.Maklumlah beberapa dari kami juga belum sempat sarapan hihihi. Terimakasih, ya!!

Setelah dua jam perjalanan kami pun tiba di Karawang. Tepatnya di Karawang Plane 1 &2. Jam menunjukkan pukul 09.35 menit.

Ucapan selamat datang di TMMIN Karawang terpampang di depan dekat penerima tamu. Setelah mengabadikan tampilan depan saya bersama blogger pun maasuk kedalam ruangan pertemuan. Setelah itu acara pun di pandu lagi oleh Mba Bianca dengaan mengulas sedikit program dari Toyota pada tahun ini.


Acara di Karawang


Dari pihak Toyota di Karawang sendiri memberikan kata sambutan dan penjelasanannya tentang Toyota . Yang memberikan sambutan dan yang memberikan penjelasan adalah Bapak Arif dan Bapak Mashun Afif.


Beberapa penjelasan membuat saya takjub juga karena besarnya kepercayaan atas Toyota. Produksi mobilnya pun semakin meningkat. Oiya dijelaskan juga bahwa ketika dibuat mobilnya sesuai dengan pesanan. Jadi bukan diproduksi secara masal  tapi sesuai dengan permintaan. (Hayoo...yang belum punya segera mendaftar ya hihihi)

Setelah selesai saya dan teman-teman pun segera menuju tempat pabriknya. Dengan terlebih dahulu diberikan penjelasan tata cara masuk ke dalam pabriknya. Salah satunya adalah tidak mengabadikan kegiatan yang berlangsung disana. Serta diberikan pula penjelasan untuk tidak memencet atau menyentuh benda-benda atau tombol yang ada di sana. Mengapa hal itu diingatkan? Karena beberapa tombol mengarah pada bebrapa kode ketika terjadi kebakaran atau gempa bumi.Atau ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Hmm, baru tahu saya dan ini sangat memberikan info baru ketika bekerja di pabrik. Bahwa ada aturan keselamatan kerja yang harus selalu diingat.

Setelah selesai saya dan teman blogger bersiap untuk masuk ke dalam pabrik. Dan kami diberikan earphone sebagai komunikasi dan topi yang menujukkan bahwa saya dan teman blogger adalah tamu di sini.

Di dalam pabrik kami berjalan berbaris. Tepatnya menjadi satu baris. Dan tidak boleh mendahului. Semua harus mengikuti aturan main yang berlaku. Seperti berjalan di garis yang sudah ditentukan dan ketika ingin menyeberang harus tengok kanan dan kiri baru menyebrang ( waduh, kalau yang kurang sabar pasti jadi bt) Tapi itu adalah aturan keselamatan kerja yang dilakukan disana.

Di dalam pabrik saya begitu takjubnya karena karyawan fokus dalam bekerja dalam hitungan detik harus selesai mengerjakan sesuai bidangnya masing- masing.









Bayangkan kalau tidak fokus bisa gagal buat mobilnya. So apa yang dilakukan perusaahaan Toyota kepada karyawannya agar tidak jenuh? Salah satunya adalah dengan memberikan kesejahteraan kepada  karyawaan  dengan memberikan fasilitas keolahragaan dan lain sebagainya untuk karyawan.
So... lihatkan? Betapa kerjasama dalam satu team membuat dan merakit mobil sangat diperlukan.

Setelah selesai melihat ke dalam pabrik saya dan teman blogger pun kembali ke tempat rapat dan dari pihak peserta blogger mengadakan tanya jawab. Setelah selesai acara pun ditutup dengan foto bersama dengan blogger. 


sumber @galau.id


Apa  yang dapat saya ambil dari perjalanan saya dengan melihat Toyota secara lebih dekat?
* Satu team bekerja secara kompak dalam pekerjaan
*Ada aturan keselamatan kerja yang perlu diperhatikan
* Ternyata banyak juga lho potensi dari karyawan yang layak diperhitungkan karena ada saja yang menang kompetisi dengan negara lain. Wow!
* Dan yang lebih membuat saya tahu adalah beberapa  mobil dibuat di Indonesia. Diantaranya yang dibuat di Indonesia adalah Avanza, Yaris, Linux, Rush
*Dan terakhir ilmu yang saya aplikasikan berjalan dan ketika menyebrang tengok kanan dan kiri. 

Semoga bermanfaat dan sekian reportase saya selama mengikuti kegiatan Plant Tour bersama Toyota. (Hdy- love teach and Write)



#TMMINInspirasi #Planttour TMMIN#TMMIN