Senin, 04 Juli 2016

MUNGKIN KITA LUPA BERDO'A



Seberapa banyak keinginan Moms, kita  dan saya yang belum terkabul? Bisa keinginan dipertemukan dengan pasangan yang seiman dan seaqidah atau menginginkan kehidupan yang lebih baik tapi Allah masih memberikan kehidupan yang biasa saja. Atau ingin menimang buah hati namun Allah belum jua memberikan.

Seberapa banyak sebenarnya interaksi kita dengan Allah?
Apakah kita hanya mendekati Allah diwaktu kita susah saja? Atau ketika dihimpit masalah baru kita mengingat Allah?

Ya, mungkin kita lupa berdoa. Lupa berinteraksi dengan yang Maha Pemberi Hidup. Bahwa seyogyanya sebagai makhlik yang lemah kita memerlukan pegangan yang super duper kuat.
Jika bersandar pada manusia mungkin akan banyak kecewanya. Bagaimana kalau bersandar kepada Allah? Maka yang akan kita temui adalah kedamaian dalam hati.

Angkatlah kedua tangan kita meminta dengan hati yang khusyu. Meminta dengan hati yan bersih. Memohon pada yang tak pernah pilih kasih. Menyenandungkan keinginan-keinginan moms dan menyebutkan satu persatu keinginan yang ingin dicapai pada tahun ini. Semoga dengan itu keinginan kita akan tercapai dan dikabulkan Allah.

Apapun yang kita inginkan dalam hidup sertakan selalu Allah didalamnya. Jangan pernah tinggal dalam keadaan tidak pernah berdo'a kepadaNya.

Waktu -waktu yang dikabulkan adalah

1. Pada sepertiga malam
 Pada saat ini sangat makbul. Dalam hadits dikatakan bahwa Allah turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir. Ketika orang berdoa kepadaKu akan aku kabulkan dan ketika meminta akan Kuberikan  (Hr. Bukhari)

2. Ketika berbuka puasa.
 Ada 3 orang yang akan dikabulkan doanya yaitu orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzolimi.
3. Ketika malam lailatul qadar

4. Ketika azan bekumandang
Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau kemungkinan kecil tertolaknya, yaitu ketika adzan berkumandang dan padasaat perang berkecamuk ketika kedua kubu saling menyerang.( HR. Abu Daud)

5.Ketika azan dan iqomah
"Doa diantara azan dan iqomah tidak tertolak ( HR. Tirmizi)

6. Ketika sujud dalam sholat
Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim,)

7. Ketika hari Jum'at
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari  Jumat kemudian beliau bersabda: ‘Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut." (HR. Bukhari dan Muslim) 
8. Ketika turun hujan 
Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun
Yuk Moms kita tengadahkan hati dengan penuh pengharapan dan kerendahan. Meminta kepada pemilik hidup ini agar Allah selalu membimbing kita dalam keimanan selalu. Aamiin

Ya Robbana
Kutengadahkan kedua tanganku kepadaMu
Agar selalu diberikan petunjuk dalam ketatan dan kesabaran
Mudahkanlah langkah kakiku
Untuk selalu berada di jalanMu
Jadikanlah diriku bermanfaat untuk oranglain. Perbaharuilah selalu hatiku untuk selalu melakukan amal kebaikan. Dan jadikanlah keluargaku menjadi keluarga yang selalu dalam lindungan dan kasih sayangMu.Aamiin.







picture : google