Jumat, 17 Maret 2017

QUILTING YANG MENYENANGKAN



Assalamu'alaikum moms
Beberapa waktu yang lalu  tepatnya tanggal 4 Maret 2017, saya ikut acara Workshop Quilting di Museum Textile. Acara ini diselengarakan oleh mba Astri Damayanti dan team yaitu Textilezy 

Untuk acara seperti ini yang berbau keterampilan atau apapun namanya hihih....saya selalu bersemangat. Senang aja bawaannya (bukaan bawaan bayi ya...ups). Tapi jujur, untuk acara keterampilan saya memang suka. Sudah dua kali saya ikut untuk yang menjahit. Yang pertama saya ikut saat membuat baju sama. Tempatnya di Museum Textile juga.

Saya mungkin datang agak telat. Biasa ada trouble sedikit. Saat mau berangkat ada koslet listrik. Jadi nunggu dulu si babe (suami) untuk membetulkannya. Karena masih lama akhirnya saya berangkat juga naik kereta bersama my lovely Hani. Naik kereta dari arah Klender. Agak khawatir juga pasalnya kalau jurusan Tanah Abang pasti sangat ramai. Apalagi berganti kereta di daerah Stasiun Manggarai. Hmm, super perjuangan.

"Biasanya memang padat." begitu kata salah seorang penumpang yang sedang menunggu juga. Arah yang dituju memang sama.

Saya pun agak lama menunggu kereta yang akan membawa saya dan penumpang lainnya ke Tanah Abang. Benar saja selang beberapa menit kereta datang. Untuk naiknya hihih lumayan ramai sekali. Tapi, Alhamdulillah ada juga tempat duduk untuk Hani.

Tiba di Museum saya langsung ke meja registrasi. Disana sudah ada mba Woro yang menjaga registrasi. Setelah registrasi saya langsung mencari Mba Astri. Setelah dikasih bahan dan alat saya pun mulai mengerjakannya.






Merapikan tata letak bahan. Nah pada saat ini meletakkan posisi bahan dengan arah yang berlawanan. Kalau bahasa ringannya membuat seperti kipas (menurut saya hihih) Sematkan pentul sedikit dibahan yang akan dijahit. Gunanya agar bahan yang akan kita jahit tidak berlari hihih.






Meneriska pasti kegiatan yang dilakukan. apalagi kalau memakai bahan putih di dalamnya (lapisannya). 








Lalu menjahitnya lagi dan sampai tahapan akhir yaitu talalaa... jadilah hasil karyaku.



Para peserta workshop 


Nah menjahitnya menggunakan mesin jahit BROTHER memiliki   beberapa keunggulan. Diantara keunggulan Mesin Jahit Brother GS 2500 adalah:

1. Ada 25 jenis jahitan.
Memang sih kalau menjahit itu yang banyak dipakai adalah jahitan lurus. Tapi adanya beberapa jahitan variasi seperti gelombang dll bisa mempercantik tampilan baju atau kreasi yang kita buat.

2. Sistem 4 lubang kancing
Dengan hanya mengganti sepatu maka kita bisa membuat lubang kancing yang diinginkan. Ada 4 jenis jahitan lubang kancing yang bisa kita pilih sesuai dengan baju yang akan kita buat.

3. Pemasangan sepatu yang mudah.
Ada beberapa jenis sepatu yang tersedia dengan fungsi masing masing yang berbeda. Ada sepatu standar untuk menjahit lurus  dan variasi, ada sepatu untuk memasang resleting juga sepatu untuk membuat lubang kancing.
Nah untuk menganti ganti sepatu ini kita hanya tinggal menekan bagian atas sepatu untuk melepas dan menempelkan sepatu yang akan dipasang. Gampang banget kan, gak perlu pakai obeng segala.

4. Gak boros listrik
Mesin jahit Brother GS 2500 ini cuma memerlukan daya listrik sebesar 51 watt saja. Sedikit kan? Gak perlu khawatir bayar listrik mahal buat emak emak irut di masa segalanya serba naik gini.

5. Pengaturan jahitan
Ada 6 baris gigi yang bisa diatur sesuai dengan tebal tipisnya bahan yang akan kita jahit. Kita juga bisa mengatur panjang jahitan hingga 4,00 cm.

6. Built in free arm
Jadi ketika menjahit kain yang lebarnya kecil, misalnya ketika membuat tali yang berbentuk silindris, kain bisa berjalan sendiri tetap pada jahitan lurus tanpa dipegang oleh tangan.

7. Pisau pemotong benang
Di dekat area menjahit kita bisa menemukan sebuah benda yang bentuknya mirip pengait menghadap ke atas. Nah benda ini menempel pada badan mesin dan gunanya untuk memotong benang. Jadi kalau jahitan sudah selesai kita tinggal memasukkan benang ke dalam pemotong tersebut kemudian ditarik, maka benang akan putus. Gak perlu repot repot ambil gunting kan.




Mengintipmu dari sini


Berfoto bersama guru menjahit
hasil karyaku


Bahan yang ada seperti foto diatas  sst... bocorannya ternyata bahan yang Mba Astri gunakan ini belinya di  Textilezy.com yang merupakan toko kain online di Jakarta. ZY TEXTILE adalah situs ecommerse textile pertama yang memudahkan pembelian secara online dan menjadi pioner textile online pertama di Indonesia, berbasis teknologi modern, bersistem dan berintegritas.


Harga jual yang kompetitif, meringankan beban produksi dengan harga bahan baku yang terjangkau tapi berkualitas.


Berbagai jenis kain yang dijual antara lain seperti Golden rami, Cotton Voal, Balloteli, Bubble Crepe, Titanium Saten, Torismo, Muse Crepe, Linen Crepe, Cotton Japan, Premium Crepe, Ballodior, Wolfish








Nah, demikian perjalanan mencari ilmu hari ini. Quilting yang menyenangkan sekali.