Minggu, 21 Mei 2017

PERLUNYA MENJAGA MENTAL YANG SEHAT

Assalamu'alikum bunda apa kabar?
Semoga selalu sehat jasmani dan rohani ya!
Seringkali kita dihadapkan pada keadaan yang tidak enak. Rumah dan segalanya tidak menjamin ketenangan jiwa. Tingkat stres yang menyebabkan beberapa orang berprilaku tidak selayaknya. Ada yang tiba -tiba kehilangan pekerjaan jadi berubah. Memang bun, sehat jasmani harus diimbangi sehat rohani. Jika jiwanya sakit apalah daya tidak akan banyak yang dapat dilakukan.
Begitu juga ketika saya menghadiri Meet and Greet Blogger (Urban Mental Healty) yang diselenggarakan dalam rangka Hut RSJ Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta , yang ke 150 tahun diselenggarakan pada tanggal 26 April 2017. Ada beberapa perwakilan dari blogger Crony dan saya salah satunya.
Jika ditanya bayangan  RSJ maka disana banyak pasien yang sedang dilakukan perawatan. Agak keder juga, plus takut karena akan berhadapan dengan mereka-mereka yang sedang berada dalam perawatan, ditambah lagi secara lokasi saya belum pernah kesana.

Setelah memesan lewat aplikasi saya pun pergi kesana. Durasi waktunya siang, setelah tiba disana, saya baru tahu dulu dikenalnya adalah Rumah Sakit Grogol, karena saya belum sholat dzuhur saya pun memberanikan diri untuk bertanya kepada satpam diarahkanlah saya menuju sebuah gedung. Disana sudah ada petugas dan ketika saya masuk bapak tersebut bertanya "Ada perlu apa, Mba?" Saya bilang saya mau sholat, pak!" Dan bapak tersebut mengizinkan saya masuk. Di ruang sana memang ada tempat sholat untuk para pekerja rumah sakit, dan para keluarga pasien. Aroma ser..ser...deg seketika menyergap diri saya. Setelah selesai sholat, naluri saya sebagai blogger yang suka memfoto segera mengeluarkan hp. Olala...ternyata ada aturannya tidak boleh memfoto di dalam area Rumah sakit. Saya pun meminta maaf.

Selesai dari tempat sholat saya langsung ke tempat lokasi acara. Jalannya lumayan sepi, pikiran saya waktu itu jika dibelakang jika ada orang saya kabur. Saya celingak celingung mencari tempat lokasi dan Alhamdulillah ditunjukkan oleh satpam tempat lokasi acara berlangsung.

Sebagian, bukan sebagian seringkali rasa khawatir jika harus pergi ke tempat yang berbeda. Apalagi yang sekarang dikunjungi saya adalah tempat orang yang membutuhkan perawatan secara psikis. Pelabelan yang ada di masyarakat seringkali menyebutnya adalah rumah sakit orang gila. Padahal menurut para dokter disana pelabelan tersebut harus lebih di haluskan lagi mereka adalah pasien yang sedang sakit jiwanya. 

Bunda salah satu penyebab sakit kejiwaan adalah  adanya kecanduan internet. Menurut dr.Dr..Suzy Yusna Dewi, SpKJ (K)  hampir keseluruhan waktu digunakan untuk online sehingga secara berlebihan menggunakan waktu dan pikirannya untuk internet istilahnya adalah Intenet addictions. 



dr. Dr. Susy Yusna Dewi dok: Febriyanti 

Setidaknya ada 5 kategori yang dikatakan internet addictions, yaitu:
  1. Cyberseksual addictions dimana seseorang melakukan penelusuran dalam situs porno
  2. Cyber relationship addiction dimana seseoang berteman dalam pertemanan dunia cyber.
  3. Net Compultions dimana seseorang terobsesi pada situs perdagangan atau perjudian
  4. Informations overlood dimana seseorang menelusuri situs informasi 
  5. Computer addictions seseorang yang terobsesi pada permainan-permainan online.
Dari kecanduan terhadap salah satu contoh nomor 1 maka akan terjadi emosi yang naik, sulit konsentrasi, menyalahkan orang lain, menutup diri.


Pembicara lainnya  dr. Novi Riyanti Yusuf bahwa orang yang sehat jiwanya adalah yang dapat berkembang secara fisik, mental , dan sprirtual dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuannya sendiri dapat  bekerja dan produktif. Adapun UU No 18 yang mengatur tentang kesehatan jiwa. Ditambahkan lagi ternyata ada 14,1% cemas dan lebih dari 763.000 orang mengalami depresi. Angka yang sangat fantastis.



dr. .Nova Riyanti Yusuf dok Novitania

Bunda, permainan killer yang ada dalam smartphone ternyata bisa menjadi salah satu bagian yang bisa membuat orang melakukan hal yang tidak wajar. Seyogyanya kita melihat permainan yang anak anak kita mainkan. Jangan sampai legah. Kenapa bisa begitu? Karena otak akan meyerap hal-hal yang baik dan tidak baik. Dan prilakunya akan mengendap sampai besar. Salah satu akibatnya akan merusak saraf ketika bermain permainan ekstrem di smartphone jangan sampai kita atau anak kita jadi internet addiction.

Bun, dalam acara meet  and greet ini saya berkesempatan untuk melihat situasi RSJ. Agak ngeri sebenarnya dalam bayang saya ada bangsal-bangsal namun setelah saya berkeliling ternyata ada penempatan bagi pasien disana yang sudah stabil untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat. Salah satu kegiatan ini pasien membuat keterampilan mulai dari tas, gelang, bunga, hantara, lukisan dan lainnya. Disana juga ada ruang untuk melakukan kegiatan dalam membuat roti dan telur. Selain itu ada kegiatan salon. Perlu digaris bawahi bun untuk kegiatan ini mereka para pasien yang sudah dalam keadaan stabil emosi dan prilakunya.
saya di dalam RSJ




salah satu sudut dari RSJ




Hasil karya pasien RSJ



Oh iya seperti yang sudah saya bahas kegiatan ini karena ada HUT dari RSJ DR. Soeharto Heerdjan ulang tahun yan ke 150. Sebuah angka yang fantastis. Dulu dikenal dengan nama Rumah sakit GROGOL. Nah, sekarang lebih dikenal dengan nama RSJ Dr. Soeharto Heerdjan. Penataan dan gedungnya bersahabat. Tidak menyeramkan seperti bayangan saya hihihi. Untuk kegiatannya yang  ada di RSJ itu ada:
  • Instalasi untuk kesehatan jiwa anak dan remaja disana ada terapi wicara, terapi kelompok dan gangguan autis.
  • Ada juga untuk terapi rawat jalan dan rawat inap
  • Ada terapi  kelompok juga

Bunda untuk alamatnya Jl. Prof. Dr. Latumeten No 1 Jakarta 11460. Telpnya 021-5682841 atau website www.rsjsh.com

Selesai acara disana saya pulang, Karena hujan akhirnya saya lewat dalam. Kebetulan ada seorang dokter ingin keluar juga. Dokter mengajak saya lewat tempat pasien. Ada hawa takut ser ser saat lewat sana. Namun dokter yang mengajak kami bilang tidak apa-apa. Duh sepanjang perjalanan dokter disapa para pasien. Subhanallah, para dokter sangat baik dalam membimbing pasien. "Dokter besok kita ketemu ya..." ucap salah satu pasien. Dokter pun mengangguk.

Ah, bagi saya pengalaman yang luar biasa. Yang belum pernah saya alami berkunjung ke sana. Setidaknya kita yang masih diberi sehat semuanya harus selalu bersyukur. Baik sehat jasmani maupun mental dan psikis kita, bun. Alhamdulillah