Rabu, 31 Mei 2017

IBU SMART TANGGAP ALERGI PADA ANAK

Assalamu'alaikum bunda...
Sehat selalu ya! tidak kekurangan suatu apapun. Selalu  hari-harinya penuh dengan yang menyenangkan. Pernah dengar bun tentang alergi? Pasti sering ya! Entah alergi terhadap debu, karpet , terhadap susu, makanan atau yang lainnya. Apalagi kalau salah satu anggota keluarga kita alergi terhadap yang disebutkan diatas. Kasihan juga ya, bun! Anak -anak juga ada alergi terhadap sesuatu akibatnya akan sedikit berpengaruh kepada aktivitasnya. 

Kebetulan saya mengajar di sekolah ada anak yang alergi terhadap karpet akibatnya setiap ada karpet akan menjauh. Belum lagi anak ini alergi terhadap susu.Banyak sekali kan bun? Untuk kulitnya jadi berpengaruh tidak boleh terkena debu atau tempat yang memiliki suhu panas maka akan berpengaruh kepada kulitnya. Susu pun tidak bisa diminumnya karena anak ini alergi terhadap susu juga.

Pernah saya bertanya saat ibu anak itu membawa karpet sendiri dari rumah. Karpetnya plastik bukan yang bulu-bulu. Karena anak ini lebih cenderung alergi terhadap karpet yang berbulu. Dan kalau sudah alergi maka kulit akan ruam dan gatal. Akibatnya digaruk salah tidak digaruk salah. Ruam, panas, kadang bersisik seperti kulit kering atau menyeyeh apa ya istilahnya kemerahan begitu bun. Atau ada teman guru yang alergi terhadap makanan tertentu.

Faktor penyebab alergi

Bunda setidaknya ada 2  penyebab alergi yaitu:

a. Faktor genetik

Dr.dr. Zakiudin Munasir Sp. A(K)  menyatakan penyakit alergi seperti asma, rinitis alergi, alergi makanan, dermatitis atopik serta alergi protein susu sapi merupakan kasus alergi yang paling banyak diderita.5% sampai 15% alergi diturunkan jika kedua orangtuanya tidak memiliki riwayat alergi. Nah, kalau memiliki riwayat alergi salah satu anggota keluarga maka resiko alergi yang diturunkan sekitar 25% sampai 30%. Jika salah satu orang tua alergi maka riwayat alergi yang diturunkan sekitar 20% sampai 40% . Namun untuk kedua orangtua yang memiliki alergi maka resiko yang diturunkan sekitar 40% sampai 60%. Hmm,gimana pencegahannya,ya? Sabar ya bun saya akan kupas masalah alergi ini. O iya mengapa sampai alergi terjadi pada sebagian anak? Hasil penelitian akibat dari anak yang alergi pada susu adalah karena pada saat bayi tidak mendapatkan Air Susu Ibu. Hmm, hasil penelitian ini lho bun. Lalu apa solusinya? Solusinya alergi pada susu sapi adalah bunda harus memberikan ASI eksklusif pada anak. Nah lho anak saya udah pada besar-besar! Gimana dong? Sst...bunda tenang nanti kalau bunda diberikan rizki lagi punya anak solusinya jadi tahu. Betul,kan? Hihihi.( tos yuk!)
Bagaimana jika bunda tidak dapat memberikan ASI? Hmm, hayo gimana bun? Nah, untuk anak dapat diberikan susu yang telah diformulasikan secara khusus seperti susu dengan protein yang telah dihidrolisis atau susu soya atau susu asam amino. 


2. Faktor lingkungan

Kalau faktor lingkungan seperti yang saya sudah bahas diatas bun, yang alergi terhadap makanan atau lingkungan panas atau tubuh yang bereaksi melawan virus yang masuk. Alergi seperti ini bisa dari makanan,obat-obatan atau yang lainnya.



Mengapa alergi tidak dapat diatasi dengan baik?  karena kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai alergi pada Si Kecil. Nah, pada tanggal 14 Mei 2017 Morinaga Allergy Week Platinum Kids menjalankan kampanye tahunan Semua Dari Ingin Tau kampanye ini mempersembahkan program Platinum Kids Olympics.

Bunda, Morinaga sebagai salah satu brand unggulan PT Kalbe Nutritionals, mendukung program tahunan World Allergy Week yang secara konsisten melalui berbagai program edukasi, di bawah kampanye Semua Dari Ingin Tau yang telah diluncurkan tahun 2015 lalu. Dalam mendukung Si Kecil yang alergi, untuk mengenali potensinya dan tetap bisa berprestasi, tahun ini Morinaga Allergy Week mempersembahkan program Platinum Kids Olympics. World Allergy Week merupakan program tahunan inisiasi World Allergy Organization (WAO) dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai alergi dan penyakit lainnya yang terkait, serta menggagas pelatihan dan sumber daya untuk melakukan diagnosa dan tindakan pencegahan. Wow, bun ternyata Morinaga Allergy Total Solution. Nah, bun setidaknya  ada 3 langkah untuk bunda mengetahui alergi pada anak yaitu: 



LANGKAH 1  TAU 

Bun, langkah pertama untuk mencegah dan mengatasi alergi anak adalah dengan terlebih dahulu mengenali gejala alergi Si Kecil.Coba cek bun. Nah dalam hal ini, pengecekan risiko alergi Si Kecil dan artikel lengkap mengenai segala hal yang terkait dengan alergi anak seperti gejala, penyebab dan lain sebagainya, bisa ditemukan di www.cekalergi.com, yaitu modul digital Morinaga yang mendukung Bunda dalam mengakses berbagai informasi mengenai alergi Si Kecil secara digital. Nah, untuk masuknya bunda tinggal register saja



tampilan www.cek alergi.com


tampilan www.cek alergi.com



tampilan saat bunda ingin  mulai test


Bun, selain itu Morinaga juga menyediakan coaching clinic atau layanan konsultasi, mengenai alergi dengan nutritionist di semua gerai KalCare di seluruh Indonesia, selain itu bisa dihubungi ataupun di datangi setiap hari kerja, sepanjang tahun, serta menyediakan layanan live chat dengan dokter. 






Dalam mendukung program tahunan World Allergy Week, tahun ini Morinaga Allergy Week mempersembahkan Platinum Kids Olympics, program unggulan Morinaga untuk Allergy Week dalam rangka membangkitkan sportifitas Si Kecil untuk anak usia 5-10 tahun guna mengasah kecerdasan, yaitu:
  
  1. Multitalenta (Brain Care), memberikan pertahanan tubuh ganda.
  2. Body Defense  mendukung tumbuh kembang optimal
  3. Body Growth serta mendukung kebutuhan nutrisi Si Kecil.
Platinum Kids Olympics juga melibatkan peran orangtua, karena Morinaga percaya bahwa pola asuh (nurture) yang baik, interaksi positif antara orangtua dengan anak, serta asupan nutrisi yang tepat, merupakan landasan agar Si Kecil bisa berkembang menjadi pribadi yang sadar akan potensinya. Dr. Rose Mini A. Prianto, M.Psi selaku Psikolog dan Konsultan Multiple Intelligence si Kecil dapat berprestasi melalui aktivitas stimulasi untuk mengasah kecerdasan majemuk, yaitu kecerdasan yang menyangkut banyak bidang dalam kehidupan sehari-hari, seperti:
  • Kecerdasan kinestetik  
  • visual spasial,
  • logika matematika,
  • interpersonal,
  •  intrapersonal,
  •  musik,
  •  linguistik,
  •  naturalis,
  •  serta kecerdasan moral.






para pemateri sedang memberikan pengetahuannya


LANGKAH 2: CEGAH DAN ATASI 

Bunda pada dasarnya, alergi dapat diatasi, dengan memberikan  edukasi dan pemahaman mengenai pencegahan alergi dan solusinya.
Untuk itu Morinaga memiliki program tetap yaitu Morinaga Allergy Total Solution yang merupakan solusi total alergi untuk Si Kecil melalui sinergi nutrisi yang tepat, hasil pengembangan PT Kalbe Nutritionals bersama Morinaga Research Centre Jepang. Morinaga Allergy Total Solution terdiri dari tiga keunggulan,yaitu:
Pertama adalah solusi nutrisi untuk pencegahan alergi serta tata laksana alergi susu sapi. Kedua adalah tersedianya produk nutrisi untuk anak dari lahir sampai usia 12 tahun. Ketiga adalah sinergi nutrisi yang tepat dan mencakup Brain Care, Body Defense dan Body Growth.





LANGKAH 3: SEBAR 

Nah untuk tahap 3 ini bisa melalui  AMBASSADOR MORINAGA ALLERGY WEEK  sebagai langkah terakhir, untuk menyebarluaskan informasi yang tepat khususnya mengenai alergi pada si Kecil, agar sedini mungkin dapat dilakukan pencegahan dan penanganannya.

Pada acara Morinaga Platinum Kids Olympics memperkenalkan Brand Ambassador untuk Morinaga Specialties, yaitu Astrid Tiar dan anaknya Anabel yang termasuk anak alergi.


Astrid Tiar Brand Ambasador

Dalam kesempatan tersebut Astrid bebagi pengalaman dalam mengasuh anaknya Anabel. Menurutnya masa pertumbuhan anak dimulai selama 1000 hari pertamanya.



TENTANG MORINAGA

MORINAGA Kalbe Nutritionals dan Morinaga Jepang,   membentuk kerjasama pada tahun 1986 untuk memformulasi, memproduksi dan menjual produk Morinaga di Indonesia. Dengan fokus pada Air Susu Ibu (ASI) sebagai sumber ideal nutrisi, Morinaga Nutrition Research Center Jepang telah melakukan banyak penelitian dengan mengembangkan nutrisi anak berkualitas. Inovasi unggulan dari Morinaga yaitu:
  • Formula Platinum, dengan sinergi nutrisi lengkap yaitu untuk Kecerdasan Multitalenta (Brain Care)
  • Pertahanan Tubuh Ganda (Body Defense) 
  • Tumbuh Kembang Optimal (Body Growth) untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia menjadi Generasi Platinum. 
Nourishing the Platinum Generation for Platinum Nation merupakan visi Morinaga yang bertujuan untuk menyediakan nutrisi berkualitas dan terbaik, dan memiliki komitemen tinggi untuk secara kontinu berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan generasi yang unggul, Generasi Platinum. Dalam wadah Platinum Generation Center for Development, Morinaga sangat berperan lebih dari sekedar nutrisi yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan diseminasi yang terkait peningkatan kualitas tumbuh kembang anak-anak Indonesia yang dilaksanakan secara multi-peran yaitu orang tua, guru dan tenaga medis (perawat, bidan dan dokter), untuk mewujudkan Indonesia Sehat menuju kehidupan yang lebih baik. 
Untuk kegiatan ini dapat
dilihat videonya di instagram https://www.instagram.com/p/BUy8RHBANwn/?taken-by=idayhidayati dan untuk mengecek alergi anak dapat ke www.cekalergi.com.

Nah, Bun menjadi ibu smart dan tanggap terhadap alergi merupakan hal yang terbaik yang bisa kita lakukan. Yuk bunda menjadi bagian dari ibu Smart bersama Morinaga untuk tanggap terhadap alergi pada buah hati kita.