Minggu, 04 Juni 2017

Happy saat Ramadhan Ya Happy Fresh

Assalamu'alaikum Bunda semoga sehat yaaa! Sehat kantong, sehat badan juga karena faktor utama semuanya ada pada kesehatan ya, Bun! Semangat dalam berpuasa dengan memberikan asupan yang baik dan halal kepada keluarga tercinta merupakan idaman bagi para bunda, tul nggak bun? 

Saya seringkali kehabisan ide untuk masak apa ya hari ini? Belanja dimana? Mau pergi diantar siapa? Hiks! kadang kalau udah di rumah bawaannya magger alias maunya gak bergerak gitu bun! Apalagi puasa begini. Jalanan macet. Moll pada penuh, apalagi tempat membeli kebutuhan sehari hari hufft...bikin saya nggak bisa kemana-mana. Bulan puasa bahan pokok naik dan laku keras. Pengeluaran pun terasa semakin membengkak. Ya, ngak apa -apa juga sih bun memang lagi prosesnya seperti itu namun yang seperti saya ini ngak punya planing semuanya tidak terencana, maka akibatnya pengeluaran dan semuanya akan mengakibatkan ujung bulannya menjadi muram alias kempis dananya hihihi...
padahal yang harus diperhatikan adalah saat dana masuk maka harus diposisikan dibeberapa pos. Duh bingung (itu saya bun) 

Terus terang saya orangnnya mau yang simpel saja. Nggak perlu pakai catatan segala dan pemasukan serta pengeluaran. Padahal yang perlu dilakukan saya bun seharusnya memiliki pos dana tersendiri.

Permasalahan lainnya bun  saya yang punya pengalaman bete acapkali terlalu lama ngantri di swalayan? Membeli beberapa kebutuhan pokok terasa lama bisa menghabiskan waktu belum dandannya, perginya, milih barang, dan ngantrinya westing time banget kan? Apalagi sedang puasa bawaanya harus tahan godaan dari mata yang ngelihat cemilan. Dari marah dan harus berbesar hati bertemu dengan pembeli lainnya yang berbeda karakter duh ribet euy...

Jadi bagaimana solusinya? Hmm, apa ya. Saya coba sebuah solusi di Ramadhan kali ini bun, dan saya baru mengenal aplikasi yang namanya Happy Fresh. Sebenarnya yang memudahkan dan membuat kita tinggal mencet di hp saja sesuaikan belanjaan dan kebutuhan yang ada. Bunda pengen apa dan lokasinya ada dimana itu gampang banget bun. Caranya pun mudah yaitu kita tinggal download saja di APP store. Cari Happy Fresh.





Pengalaman ini saya dapati saat saya ikut acara Happy Meet Up Blogger bersama  Happy Fresh. Duh membuka mata saya bun bahwa memang untuk pos pengeluaran harus dilakukan dengan memperketat hal yang tidak sesuai dengan pengeluaran yang ada. Bukan pelit tapi memposkan semua pada tempatnya. Dan jangan pernah laper mata.(Hayoo...ngaku siapa yang sering laper mata hihihi))





Pemandu acara Bayu Oktora


Acara ini dipandu Mc keren Bayu Oktora yang membuat suasana menjadi hangat dan cair bun. Nah, yang membuat pikiran saya terbuka adalah saat mba Prita Ghozie memberikan pencerahannya dalam mengatur keuangan selama bulan Ramadhan (duh...tutup muka saya)

Namu sebenarnya yang mendasar adalah saat kita tahu mengatur pengeluaran keuangan agar tidak jebol hihih. Saat dana masuk maka yang perlu diperhatikan adalah ada tiga pos pengeluaran, yaitu
  1. Biaya bulanan
  2. Dana darurat
  3. Tabungan dan investasi

Begitupula yang harus menjadi menjadi perhatian kita bun kemana larinya uang selama bulan Ramadhan? Nah, hayoo kemana bun. Harus jujur nih!  Apakah larinya ke makanan dan minuman, baju dan elektronik, angpao, atau zakat / shedekah? Saya paling banyak di makanan karena keseharian kita bun, zakat, baju, angpao hihih. Kalau zakat mah satu keharusn yaa bun!


saya dan mba Prita

Bun yang menjadi perhatian juga adalah alokasi ideal selama Ramadhan . Nah, penting untuk diketahui apakah alokasi idealnya
  • 5% untuk zakat, infaq, dan shodaqoh
  • 10% dana darurat
  • 40% biaya hidup
  • 20% bayar cicilan
  • 5% tabungan investasi
  • 20% ramadhan lifestyle













Pada kesempatan meet up kali ini saya juga mencoba aplikasi di app store yang namanya happy fresh. Saya mencoba saat itu di lokasi. Waktu itu mba Prita memberikan tips jitu, yaitu:
  • Buat anggaran berbeda
  • Siapkan dana darurat
  • Rencanakan keinginan
  • Cerdas belanja
  • Do it Online

Pas banget pada sesi selanjutnya dari pihak Happy Fresh memberikan pencerahan bahwa ketika membeli secara online lewat aplikasi happy fresh yang ada di play store maka akan memudakan costomer membeli barang tanpa harus membuang waktunya dan memberikan kemudahan untuk melakukan aktivitas lainnya. Saya  tidak langsung percaya perlu pembuktian nih hihih... saya mencoba sendiri dengan mendounloadnya di app store dan mulai mencari lokasi terdekat tokonya . 

.
Pihak happy fresh memberikan solusi terbaik

Saya membeli kebutuhan sehari hari. Wow mudah bun..buka aplikasi dan pilih toko terdekat lalu kita mulai cari perlengapan yang dibutuhkan. Ada pilihan waktu pengantaran pula bun!














Saya milih waktunya harus tiba jam 2. alhamdulillah sebelum jam 2 sudah datang. Alhamdulillah. Mertua pun senang karena mendapatkan bingkisan dan saya pun senang karena bisa melakukan aktivitas lainnya tanpa harus ribet antri atau yang lainnya. Dan yang paling penting bun...bisa bayar di rumah lho atau pakai pembayaran lainnya.















Dan saya pun sempat mewawancarai beberapa ibu rumah tangga dengan menanyakan beberapa pertanyaan seputar belanja bulanan 

Nah, bun tinggal bunda yang memutuskan lho. Tapi bagi saya saat ini saat ingin Happy di Ramadhan ya Happy bersama Happy Fresh.