Jumat, 25 Agustus 2017

BEKAL AWAL CALON DUBBER PROFESIONAL






Menjadi salah satu dubber profesional merupakan impian sebagian orang dimana kita akan mendapat baik meteriil maupun kesempatan bertemu dengan tokoh yang kita lakoni(Aslinya). Dan ini bisa menjadi salah satu jenis pekerjaan yang menjanjikan.

Namun, pernahkah kita mengetahui bahwa jalan menjadi seorang dubber perlu usaha dan kerja keras yang tidak sedikit? Tepatnya tanggal 12 Agustus 2017 Blogger reporter Indonesia mengadakan #INHOUSETRAINING. Acara ini disuport oleh GOGOBLI. Gogobli merupakan portal shopping online yang menjual produk kesehatan dan kecantikan. Barang yang dijual  juga terdaftar di BPOM Indonesia. 
Gelar acara ini diselengarakan di Wisma Riat Jakarta Selatan. Dalam acara ini mengundang Agus Nurhasan salah satu duber dan Voice Over Profesional yang memerankan Curious George. 

Saya agak terlambat datang kesana, karena lokasi baru seringkali membuat bingung. Namun dalam menunggu akhirnya datang blogger lain dan sayapun bersama dengannya pergi ke wisma Riat yang ternyata lokasinya 20 meter dari tempat saya berdiri. 

Setelah ada kata sambutan dari Ibu Ami Atmanto (Pendiri RIAT) acara dibuka juga oleh Founder Brid Hazmi Srondol/





Apa yang perlu dipersiapkan seorang dubber?
Dubbing dalam bahasa Indonesia merupakan sulih suara mengganti suara asli pemeran film itu.Dubbing merupakan proses pengisiannya. Sedangkan Dubber merupakan orang yang memerankannya. 

Seperti yang telah saya tulis menjadi seorang dubber tidaklah mudah. Harus menjalani proses yang panjang. Seorang dubber memiliki tugas menghidupkan tokoh yang akan diisi. Peran tersebut dilakukannya melalui pertolongan suaranya, kekayaan batin, serta pengalaman hidup si dubber. Selain suara ada hal penting yang harus dimiliki seorang dubber yaitu harus dapat mengolah perasaan, pikiran, emosi dan imaginasi.

Adapun latihan yang harus dilakukan seorang dubber adalah latihan olah vokal, olah rasa, dan olah rasa.

A. Olah Tubuh
  • Latihan pernapasan yang dilakukan dengan cara dengan cara hirup nafas dalam-dalam melalui hidung , kembungkan perut,lalu keluarkan perlahan-lahan melalui mulut disertai dengan mendesis atau menhentakkan bunyi voll A.I,U,E,O
  • Senam Mulut dengan cara memutar mulut, meliukkan bibir ke kiri dan ke kanan 
B. Olah Vokal, meliputi :
  • power
  • artikulasi, 
  • intonasi, 
  • tempo, 
  • dan warna

C. Olah Rasa 
Olah rasa meliputi:
  • konsentrasi, 
  • ingatan emosi, 
  • imaginasi, 
  • observasi.
Setidaknya dalam bekerja seorang dubber ada 4 M yang harus dilakukan, yaitu Melihat monitor, Mendengar suara aslinya di hp, Membaca kembali naskah, dan Merasakan apa yang dirasakan tokoh film tersebut.






Nah, bagi yang berminat menjadi dubber setidaknya harus latihan dalam membaca. Bukan membaca dalam hati, tetapi membaca disuarakan. Hal ini berfungsi untuk :
1. Melatih agar dapat memiliki bobot suara
2. Melatih artikulasi agar terbiasa membaca dengan benar dan jelas
3. Melatih intonasi agar dapat memainkan nada
4. Melatih agar memunculkan suara dan karakter yang berbeda-beda

Ayo..yang punya keinginan menjadi dubber silahkan bisa tanya -tanya ke Kak Agus lho. Email agus.nurhasan@yahoo.co.id 
Fb. Agus Nurhasan dan Twitter @AgusNurhasan