Minggu, 22 April 2018

CARA CERDAS MEMBAGI WAKTU UNTUK DIRI DAN KELUARGA



Seringkali rutinitas keseharian mengakibatkan kita lupa mengembangkan kemampuan dan keinginan menimba ilmu kembali. Rutinitas saya sebagai istri, seorang ibu dari satu orang putri dan sebagai seorang pengajar yang selama dari hari Senin sampai Jum'at mengajar di SD swasta. Nah kebayangkan bagaimana membagi waktunya. Terus ditambah lagi in the same time harus memasak untuk bekal pagi anak. Crowdednya kalau pagi luar biasa. Dan ini sama rutinitas yang ada yang hampir sama dengan para bunda lainnya. Makanan dan harus mateng  sebelum setengah tujuh pagi.







Apakah saya sering terjebak dalam manajemen waktunya? Saya akan jawab IYES. Apalagi saya tidak ada asisten rumah tangga yang membantu. Paling hanya ada yang membantu menggosok pakaian saja.

Belum lagi keinginan dalam pengembangan diri. Saya memang suka dengan mengembangkan diri. Mencari ilmu baru lalu bisa berbagi. Pengembangan diri yang saya minati parenting, blogger, dan mendongeng. Blogger dan mendongeng memang harus terus dicari ilmunya lalu bagaimana saya membaginya dengan aktivitas mengajar saya? Pernahkah saya keteteran ? IYES! Samalah dengan para bunda yang ingin mencari pengembangan lainnya, baik ilmu parenting, hobi, craft dan lain sebagainya yang memang harus dikelola  waktu dengan optimal.

BAGAIMANA MENGELOLA WAKTU AGAR OPTIMAL?

Apakah saya ingin selalu terjebak dalam pengelolaan waktu yang tidak tepat? Jawabannya TIDAK! Saya harus berubah. Bagi saya yang pernah keteteran dalam mengelola waktu yang ada saya pun belajar dari pengalaman. 

  • Optimalkan waktu-waktu penting
Bagi saya keluarga adalah segalanya. Membagi waktunya adalah dari magrib sampai isya hp saya matikan. Saya pergunakan waktu seoptimal mungkin dalam beribadah. Satu kali atau dua kali saya keluar dengan anak saya hanya berdua saja. Mengapa berdua? Saya ingin anak saya curhat tentang sekolahnya, tentang teman-temanya. Kadang juga mengajak ke toko buku. Sebisa mungkin anak curhat tentang masalah pribadinya.Setidaknya ini saya lakukan agar ketika dewasa tidak ada jarak antara saya dengan anak saya. Anak menjadi mudah berkomunikasi dengan orangtuanya.








Apalagi  anak saya yang sekarang sudah kelas lima SD. Kadang saya hanya berjalan berdua saja ingin tahu saja bagaimana keadaannya. Apakah ada cerita -cerita tentang temannya atau yang lainnya.Tahukan kalau ngak bisa dekat dari sekarang jika tiba masanya anak menyukai lawan jenisnya mau kemana lagi akan cuhatnya? Sedini mungkin saya luangkan waktu sepekan sekali. Kalaupun karena kesibukan bisa sebulan sekali jalan dengan anak. Sekedar curhat atau makan saja.Apalagi kalau saat bertemu dan berbincang dengan anak, berbincangnya ditemani Julie's Peanut Butter semakin eazy dan bertambah akrab tanpa ada rasa malu, mengalir begitu saja. Ini sebagai snack kesukaannya juga lo!










Begitu juga dengan suami, saya memberikan porsi tersendiri jika memerlukan saya untuk menemaninya.



  • Memotong sayuran dan membersihkannya pada malam hari
Saya usahakan memotong, mencucinya pada malam hari sehingga saat pagi waktunya tidak banyak terpakai dalam memotong makanan.Kalau memasak daging, saya memasaknya pada malam hari dan pagi saya angetin kembali.

  • Manfaatkan waktu dalam pengembangan diri
Saya selalu haus mencari ilmu. Keinginan diri yang seperti apa yang masih harus saya cari dan saya kembangkan?Dalam rangka pengembangan diri. Lo kok pengembangan diri? Betul mam, sampai saat ini saya masih mengembangkan diri. Bertemu dengan teman-teman yang memiliki ilmu mumpuni menjadikan saya ingin selalu belajar. Baik ilmu dalam menulis, mendongeng atau lainnya. Bertemu dengan mereka yang memiliki energi positif membuat saya terpacu untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri.




Begitupula saat bertemu dengan teman ditemani oleh Julie's Peanut Butter Sandwich dengan biskut sandwic mentega kacang tuk rasanya ada asinnya  membuat suasana semakin renyah.Didalamnya ada kacang perpaduan antara rasa asin, dan kacangnya luar biasa. Ini adalah snack favorite saya dan teman-teman. Kata mereka,"Hmm,enak." Membuat saya dan teman-teman semakin bersemangat dalam menimba ilmunya dan semakin akrab dan rasa kekeluargaannya semakin tercipta.
Oiya Julie's Peanut Butter Sandwich juga mengadakan lomba foto lo. Infonya ada disini http://bit.ly/BuahTanganPenuhCintaDariJulies 
Untuk facebooknya ada di Julies Indonesia atau ada di intagram @julies.ind






Nah, itu cerita cara cerdas saya membagi waktu untuk diri dan keluarga. Saya selalu bersemangat dalam mencari ilmu dan melakukan perubahan kearah positif. Selamat memberikan kualitas waktu untuk keluarga dirumah  dan selamat membagi waktu untuk mengembangkan diri juga ya mom.