Kamis, 26 April 2018

JURUS JITU MEMILIH JAJANAN SEHAT UNTUK ANAK




Jajanan yang sehat sekarang menjadi salah satu hal yang sangat jarang kita jumpai. Penggunaan bahan-bahan yang tidak sesuai atau warna yang sangat mencolok masih sering kita temui dan masih banyak sekali yang yang melalaikan akan hal ini. Padahal jajanan yang tidak sehat akan mengakibatkan hal yang sangat fatal. Tentu ini menjadi tantangan bagi saya apalagi memiliki anak yang masih sekolah di SD. Keharusan menyiapkan bekal untuk anak menjadi kewajiban yang harus dilakukan tapi apakah menjamin anak saya tidak akan jajan? Inilah yang harus saya lakukan dengan memberikan pengertian kepada anak saya tentang jajanan yang sehat dan yang tidak. Tapi dasarnya anak-anak tidak mengerti kalau apa yang kita lakukan itu untuk kebaikannya. Apalagi anak saya suka dengan gorengan. Kalau ada tukang gorengan maka dibelinya. Padahal penggunaan minyak goreng yang berulang kali akan menyebabkan tidak bagusnya minyak tersebut.Ya, begitulah nantinya anak saya akan sering berdehem menandakan ada masalah ditengorokan lalu mulai radang menyerang.








Saya seringkali bertanya kepada anak-anak yang ada dilingkungan saya mengapa mereka sering  jajan disekolahnya. 
"Enak, Bu! Rasanya gurih dan pedasnya nampol, Bu!" Mereka menjelaskan dengan sangat antusias.
"Es dingin enak Bu! Rasa dinginnya itu, Bu! Apalagi kalau abis berolahraga, hmm, enaak!

Duh padahal untuk rasa mungkin yang digunakan adalah penyedap yang digunakannya banyak atau tidak kita tidak tahu atau es yang mereka minum apakah airnya matang atau tidak. Edukasi seperti inilah yang memang perlu dilakukan agar sedini mungkin anak -anak tahu jajanan yang sehat dan yang tidak.

Lalu bagaimana jajanan yang tidak sehat itu?

Jajanan yang tidak sehat antara lain
  • Warna makanan terlalu mencolok
  • Rasanya sangat tajam
  • Makanan dibiarkan terbuka/tidak ada penutupnya
  • Banyak lalat yang menghinggapi
  • Berbau tidak enak dan sangat menyengat baunya
  • Penjualnya memiliki kuku yang panjang dan kotor akan mengakibatkan kuman cacing menempel pada kukunya

Apa yang terjadi jika jajanan pada anak yang tidak sehat itu?
  • Mual , anak akan merasa mual setelah memakannya
  • Muntah
  • Diare akibat dari jajanan yang tidak dijaga kebersihannya
  • Susah buang air besar


Anak -anak mungkin merasakan rasanya saja. Padahal faktor utama juga dalam kebersihan dan hal lainnya perlu diperhatikan ketika memilih jajanan yang sehat. Lalu apa dong yang harus dilakukan oleh kita para orangtua agar anak dapat memilih jajanan yang sehat? Harus ada jurus jitu memilih jajanan untuk anak.



Nah, ini jurus jitunya saya dalam memilih jajanan untuk anak
  • Perhatikan selalu makanan yang dijualnya, lihat warnanya dan baunya. Untuk warna dapat dilihat secara langsung kalau terlalu mencolok perlu diwaspadai.
  • Lihat kebersihan jajanan yang dijualnya.
  • Perhatikan kuku penjualnya apakah kotor atau tidak.
  • Bawakan bekal makanan yang bervariasi sehingga anak tidak akan tergoda untuk jajan sembarangan.

  • Jika dalam kemasan perhatikan tanggal kadaluarsanya.
  • Jangan menggunakan streoform jika jajanan masih panas dan ditutup hal ini menyebabkan plastik didalamnya ikut terserap oleh hawa panas pada makanan.




  • Jika jajanan dalam kemasan perhatikan BPOM nya dan halalnya dari MUI dalam kemasan suatu makanan.

Bagaimana kalau anak Seringkali kita melihat jajanan yang ada mengiurkan dan mereka juga ingin membelinya? Apalagi kebanyakan anak -anak dan tentunya anak saya suka dengan premen. Nah untuk yang ini yang menjadi acuan saya adalah adanya keterangan pada kemasannya BPOM dan Halalnya dari MUI pada kemasan  suatu makanan. Hal ini menjadi syarat wajib bagi saya. Untuk Pindy Permen Susu sendiri sudah ada dari BPOM dan halal dari MUI.

Pindy Permen susu mempunyai 3 variant rasa yaitu Strawberry, Chocolate, dan Milk




Untuk saya sendiri tidak galau kalau memberikan ini  kepada anak. Selain rasanya yang enak  Pindy Permen Susu sangat disuka oleh anak saya. Kalau anak saya suka rasa Strawberry. O iya Pindy Permen Susu dapat menambah tinggi badan anak lo karena adanya susu yang terkandung dalam Pindy Permen Susu. Karena susu sendiri mengandung protein dan kalsium yang baik untuk tulang.







SEKILAS TENTANG PINDY PERMEN SUSU

Permen Pindy Susu diproduksi oleh PT. Inasentra Unisatya, salah  satu perusahaan yang bergerak dalam Candy dan Beverage. Berlokasi di Bogor. Untuk Permen Pindy Susu sudah ada label halanya dari MUI dan dari BPOM dengan nomor produksi untuk Milk POM RI MD 224510033005, untuk Chocolate BPOM RI MD 224510031005, dan rasa Strawbery BPOM RI MD 224510008005 so jangan ragu deh mom! Untuk rumor yang berkembang kemarin coba dilihat perkembangan dan faktanya. Untuk instagramnya bisa di permenpindy_id atau di Facebook Permen Pindy.




So, mam jurus jitu dalam memilih jajanan sehat memang perlu kita lakukan agar kita tidak terjebak dalam jajanan yang tidak sehat. Salam untuk keluarga tercinta di rumah ya!