Senin, 21 Mei 2018

MANJAKAN BAYI DENGAN BABY SPA DI RUMAH



Memberikan kebahagian kepada buah hati tercinta adalah merupakan keinginan semua ibu. Tidak ada satu orang ibu pun di dunia ini yang tidak ingin memberikan kebahagiaan untuk anaknya. 

Sejak saya menikah, dan tiga bulan kemudian saya dinyatakan hamil tapi Allah memberikan ujian di usia kandungan 2,5 bulan saya mengalami keguguran. Sedih? Pastinya. Selang 3 bulan kemudian saya dinyatakan hamil kembali. Alhamdulillah. Saya diberikan kemudahan dan kekuatan dalam hamil yang ke dua ini. Sembilan bulan mengandung pada tanggal 4 Januari lahirlah buah hati tercinta saya yang berjenis kelamin perempuan. Bersyukur sama Allah diberikan kemudahan. Segala ilmu saya cari dalam pengasuhan buah hati. Secara jujur saya belum bisa memberikan yang terbaik untuk anak dalam hal memberikan kenyaman sentuhan. Tak pernah waktu anak saya lahir memberikan Baby SPA di rumah. Bagi saya kasihan sekali anak baru beberapa bulan di pijat. Duh! Ternyata saya salah besar. Pola pikir saya ini pun akhirnya merubah saya untuk memberikan edukasi kepada adik saya yang memiliki anak berumur 3 bulan. Edukasi tentang perawatan Baby SPA yang bisa di lakukan.

Mengapa harus memanjakan Bayi dengan perawatan Baby SPA di rumah?

Manjakan bayi dengan Baby Spa di rumah? Yes! Siapa sih yang ngak mau dimanjakan? Orang dewasa saja senang dimanjakan. Betul ngak? Yang sepakat menganguk, ya! Bayi juga sangat butuh dimanjakan. Sejak 1000 hari pertama si kecil hingga ulang tahunnya yang ke 2 merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan si kecil.

Bagaimana pentingnya? Dengan memberikan perasaan nyaman dan aman , dan dicintai merupakan hal  penting yang dapat membantu karakternya saat besar nanti. Bounding merupakan hal yang harus dilakukan agar terciptanya tali kasih yang hangat antara ibu dan anak. Saya pun mencobanya dengan memberikan kehangatan untuk Ardan  keponakan tercinta, dan juga mengedukasi orantuanya untuk melakukan bounding tentang sentuhan khusus untuk anak yang begitu menyenangkan. Kalau saya pribadi melihat bayi begitu mengemaskan dan membuat saya selalu meminta kepada Allah semoga dikaruniakan kembali buah hati tercinta. Adem banget saat berkomunikasi dengan bayi. Lucu dan sangat mengemaskan. Saya melakukan komunikasi terlebih dahulu kepada Ardan. Ardan tersenyum seakan mengerti kalau saya ingin memerikan SPA kepadanya.

Lalu bagaimana caranya Baby SPA di rumah?

Sebelum melakukan Baby SPA setidaknya ada beberapa langkah yang harus diperhatikan adalah bahwa pijatan pada bayi itu ada tiga area pijatan, yaitu

  • Pijatan Area Wajah
Pijatan ini lebih mengarah membantu kematangan struktur dan sistem syaraf. Yang berguna untuk kecerdasan. Pada pijatan area wajah ini ada 3, yaitu SMILE, TWO THUMBS UP, dan CLOWN MASK. Nah, pada saat pijatan SMILE caranya usapkan kedua jempol tangan yang melengkung tepat diatas bibir bayi, dilanjutkan dengan mengusap dibawah bibir bayi. Pada pijatan TWO THUMBS UP dengan cara mengusap kedua jempol tangan pada dahi bayi ke arah atas. Yang terakhir adalah Clown Mask dengan cara mengusapkan jempol tangan dari dagu sampai pelipis bayi melalui depan kedua telinga lalu memutar kebelakang telinga.

Lalu adakah manfaatnya? Tentu saja. Manfaatnya saat melakukan pijatan area wajah antara lain sebagai berikut:
  • Merangsang pertumbuhan gigi, dan perkembangan bicara
  • OOtot wajah bayi menjadi rileks
  • Dapat menstimulus saraf pengelihatan, pendengaran penciuman.

  • Pijatan Area Badan
Pijatan ini meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan pernafasan, serta mengoptimalkan pertumbuhan tulang punggung anak. Setidaknya ada 3 pijatan dalam area badan. Yaitu, I LOVE U, OPEN BOOK, dan SLIDING BACK.
Untuk I LOVE U ada 3 gerakan yaitu I SHAPE, gerakan mengusap perut bayi dari atas ke bawah. Sedangkan gerakan L SHAPE, mengusap perut bayi dari kanan lalu lanjut dari atas ke bawah. U SHAPE dengan cara mengusap perut kanan bayi dari bawah ke atas namun harus dihindari  menyentuh pusar.  Untuk OPEN BOOK mengusap dada bayi ke samping, dan yang terakhir pada pijatan area badan adalah SLIDING BACK mengusap telapak tangan dari pinggang ke arah bahu.

Ada manfaatnya kah pijat area badan? Tentu saja ini adalah beberapa manfaatnya antara lain adalah:

  • Mencegah sembelit
  • Menguatkan paru-paru
  • Menguatkan otot leher

  • Pijatan Alat gerak
Menguatkan otot dan tulang anak serta meningkatkan kemampuan motorik anak dalam beraktivitas. Setidaknya ada 3 pijatan yaitu MILKING, HAPPY CAROUSELL, dan TWO THUMBS UP AND HAPPY FINGERS. Nah kalau untuk MILKING dengan cara mengusap dari pangkal lengan ke ujung lengan bayi dengan gerakan memutar seperti memerah susu sapi. Sedangkan kalau HAPPY CAROUSELL memutar pergelangan kaki secara berulang dengan menggunakan jempol tangan. Terakhir adalah dengan mengusap jari kaki atau tangan dengan mengusap dari pangkal keujung jari bayi yang dikenal dengan sebutan 
WO THUMBS UP AND HAPPY FINGERS.

Ada manfaatnya kah pijat area gerak? Tentu saja ini adalah beberapa manfaatnya antara lain adalah

  • Menguatkan otot dan tulang
  • Memperlancar peredaran darah
  • Merangsang syaraf motorik


PENGALAMAN SAAT BABY SPA BERSAMA ARDAN 





Ini adalah pengalaman yang sangat mengasyikan melakukan BABY SPA dengan produk Little Bee dari Tupperware. Saya melakukan SPA kepada Ardan yang usianya baru menginjak 3 bulan. Seperti tulisan diatas bahwa saya sekalian memberikan edukasi tentang pentingnya BABY SPA di rumah.  Yang pertama saya lakukan sebelum melakukan SPA adalah meminta izin sama Ardan. Ardan saya ajak ngobrol layaknya yang sudah mengerti hihihi. Paling Ardan menjawab Hmm, hmm, ala bayi gitu sambil tersenyum. Semakin gemes jadinya.






Ardan memandang dan saya pun terus berkomunikasi dengan meminta izin terlebih dahulu, "Ardan sayang Umi izin yaa pijat Ardan." Ardan terlihat ada kontak mata dengan saya. Kadang mulunya berbentuk huruf o dan terdengar suara hoo... duh semakin gemes saja nih. 




Sebenarnya manfaat pijat bayi bagi orangtua  adalah:

  • Mengembangkan rasa percaya diri pada orangtua saat mengurus buah hati
  • Adanya ikatan yang kuat dengan orangtua
  • Terciptanya suasana yang menyenangkan bagi orangtua dan bayi itu sendiri
Dan  manfaat pijat bayi bagi bayi adalah:
  • Membantu mengembangkan bahasa pertamanya yaitu sentuhan
  • Menciptakan psikologis antara ibu dan bayi.
  • Membantu memperkuat sistem pencernaan , pernafasan , dan peredaran darah
  • Meningkatkan berat badan
  • dan yang terpenting adalah agar bayi dapat tidur dengan nyenyak
Setelah selesai memijat Ardan senang sekali. Ini adalah pengalaman yang tidak saya lupakan. Bagi saya memberikan kenyaman pada bayi ada perasaan bahagia apalagi saat Ardan tertidur pulas setelah saya SPA.



O iya setidaknya ketika BABY SPA dirumah hendaknya memperhatikan beberapa hal seperti:
  1. Saat bayi rewel hendaknya jangan dilakuan pijat, perhatikan responnya.
  2. Duduk pada posisi yang nyaman dan tenang.
  3. Baringkan bayi pada permukaan yang lembut, dan rata.
  4. Pijat diawali dari kaki, perut, dada, tangan, muka, dan diakhiri dengan bagian punggung.
  5. Bicaralah yang menyenangkan dengan bayi.

Nah, ada waktu yang tepat saat   BABY SPA, yaitu:
  • Jangan memijat bayi pada saat lapar atau saat makan
  • Bayi yang sakit jaga diurut. perhatikan lagi kondisinya

SEKILAS TENTANG LITTLE BEE

Produk yang Ardan pakai saat SPA adalah produk dari Tupperware. Produk ini diberi nama LITTLE BEE refreshing Baby SPA merupakan produk rangkaian premium untuk menemani para bunda menciptakan ikatan antara anak dan orangtua dengan rangkaian Baby SPA di rumah.Rangkaian Tupperware Little Bee terdiri dari 6 rangkaian, yaitu:

  • Baby lotion
  • Baby oil
  • Baby Powder
  • Baby Soap
  • Baby Wash
  • Baby Shampoo


Formula dari Little Bee terdiri dari LAMESOFT yang meupakan Biolipid dari minyak kelapa dan biji bunga matahari. CETOL yang membersihkan secara sempurna dan menjaga kelembutan rambut bayi. GLYCERYL OLEATE dan VITAMIN menjaga kelembaban kulit. ALLANTOIN merupakan anti iritasi terakhir adalah ALOE VERA dan VITAMIN E yang menjaga kelembaban kulit bayi dan anti oksidan.






Satu hari yang menyenangkan bisa memberikan yang  terbaik untuk Ardan. Ardan senang dan sampai tidur hihih. Alhamdulillah.