Rabu, 31 Oktober 2018

FAKTA WANITA BEKERJA YANG MENYEIMBANGKAN KEHIDUPANNYA




Menjadi seorang ibu apalagi bekerja pasti akan kerepotan. apalagi ketika harus mengurus semuanya. tapi itulah wanita, perempuan, bunda  atau sebutan yang lainnya. Tugasnya yang keren mengalir pahala  yang akan selalu ada. Saya sendiri seorang ibu yang bekerja. Saya bekerja di jalur pendidikan. Apalagi kalau tugas akan kejar-kejaran dalam waktu yang sama. Misalnya kalau waktunya harus koreksi dan mengisi nilai. Duh jangan ditanya mana yang harus di prioritaskan dulu pun harus bisa memilihnya. Durasi bekerja saya pun lumayan dari jam 7 start sampai jam 2 siang. Kalau dipadatkan setelah solat asar baru tiba di rumah.

Belum kalau pr tersebut harus di kerjakan di rumah. Lo memangnya tidak bisa ya bekerja di sekolah saja tanpa harus bawa pr? Iyes kadang harus ada tambahan waktu akhirnya mengerjakan di rumah. Terus waktu keluarga terpotong dong? Iya banget. Tapi di usahakan sambil mengerjakan tugas lainnya. Ternyata wanita itu bisa mengerjakan 3 jenis pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Betul ngak? Masak bisa disambi dengan cuci piring dan nyuci. Tapi harus satu lokasi ya bu...kalau ngak bisa gosong itu makanan hihih.



Ada ART kah? Saya tidak pakai art. Paling untuk yang gosok saja. Selebihnya tidak. Kebayang kan ? Apalagi kalau sudah sampai dirumah. Perlu banget untuk istirahat. Ye...kali bisa leyeh leyeh hihihi nggak bisa karena tugas yang lain menanti. Paling sebentar istirahatnya.

Nah pekan kemarin saya ikut acara keren yang mengusung tema peran ibu yang bekerja. Bersama Futri Zulya. Menurutnya wanita dengan segala kebisaannya atau yang dikenal dengan Multitasking yang dapat menjalankan 3 hal secara bersamaan baik itu karir, keluarga, dan keuangan.  Namun perlu diingat  bahwa ternyata wanita 

  • lebih cepat stres terhadap masalah keuangan dalam keluarga
  • Wanita lebih cenderung mengedepankan perasaan 
  • Sulit menentukan pilihan
  • Tidak mau ambil resiko terhadap investasi
  • satu lagi suka belanja. Nah lo yang terakhir ini bisa saya banget hihihi





Ada beberapa alasan wanita bekerja mungkin salah satunya bisa jadi ada disini. Mengapa sebagian wanita bekerja. coba cek
  1. Wanita bekerja itu bisa karena hobi
  2. Mencari kesibukan
  3. Aktualisasi diri
  4. Mencari penghasilan tambahan
Bagaimana hasil cek nya? Ada berapa yang cocok hihihi. Kalau saya ada 4 maksudnya semua yang ada ya itu saya banget.Faktanya beberapa hal ini mungkin mewakili mengapa wanita bekerja selain  penghasilan yang pasti, jenjang karir yang menjanjikan, pergaulan dan wawasan yang luas, mandiri, penyaluran bakat dan pengembangan diri, menjadi secondary suport bagi perekonomian keluarga.

Untuk saya pribadi banyak ilmu yang di dapat dari acara women talk ini. Ada beberapa tips agar seimbang ketika menjadi seorang yang ibu yang bekerja.

1. Suport system 
Dimana meminta dukungan kepada pihak keluarga terdekat dan memberitahu mengapa kita bekerja. Alasannya harus kuat juga. Bilang ke anak bahwa apa yang dilakukan ketika kita bekerja.


2. Membuat rencana dan budget
Rencana yang disusun  untuk hari ini misalnya ketika meninggalkan batita harus sudah ada list apa yang harus dilakukan batita kita. Atau ketika anak sudah sd apa yang harus dilakukan ART mulai dari menjemput, dan makan siangnya.

3. Cari tempat bekerja yang ramah dengan ibu
Mencari informasi mulai dari tempat yang bisa memberikan cuti saat kelahiran apa tidak, mengetahui jangka waktu ketika cuti melahirkan dan lain sebagainya.

4. Atur ulang prioritas
Mungkin sudah tidak banyak waktu lagi konkow sama teman-teman. Usahakan bagi porsinya dengan keluarga.Waktunya pulang ketika selesai bekerja ya harus pulang. Prioritaskan keluarga. Jangan banyak juga surfing dunia maya ketika sudah di rumah. Usahakan untuk tidak memegang gadget ketika berada di rumah. Menciptakan bounding dengan anak dan keluarha yang lebih utama.Karena ketika kita bisa bekerja juga karena adanya izin dari suami.

5. Cermat merencanakan keuangan keluarga

Merencanakan keuangan keluarga dengan melihat pertama pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya. Apa yang harus dikeluarkan misalnya biaya makan, bayaran  sekolah dan lainnya. Sisihkan juga untuk tabungan tiap bulannya. Atur jangan sampai besar pasak dari pada tiang. Besarnya pengeluaran dari pada pendapatan.

Pada acara ini ada juga ada demo makeup yang mudah dan dapat dikerjakan bagi wanita yang tidak memiliki banyak waktu. Kalau saya perhatikan saat demo makeup bagus tidak terlalu tebal malah kesannya natural. 

Tuk sharing hari ini bagi saya luar biasa. Bertemu dengan para moms yang bekerja dan tetap mengedepankan kehidupan keluarganya juga.