Jumat, 28 Juni 2019

ALERGI, GEJALA, DAN PENANGANNYA YANG AMAN UNTUK BEKAL PRESTASI SI KECIL



Halo Moms pernah mendengar tentang alergi? Alergi yang terjadi pada si kecil sangat menganggu sekali bukan? Bisa mengakibatkan merah-merah pada kulit, atau gatal. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah Alergi merupakan reaksi tubuh terhadap kuman- kuman atau keadaan sangat peka terhadap penyebab tertentu yang terjadi akibat dari zat makanan, serbuk, keadaan udara, asap, dan sebagainya) yang dalam kadar tertentu tidak membahayakan untuk sebagian besar orang. Sedangkan alergen adalah substansi yang dapat menyebabkan alergi atau hipersensitivitas spesifik substansi baik protein maupun memprotein yang menyebabkan alergi.



Alergi merupakan reaksi tubuh terhadap kuman- kuman atau keadaan sangat peka terhadap penyebab tertentu yang terjadi akibat dari zat makanan, serbuk, keadaan udara, asap, dan sebagainya) 
Sedangkan alergen adalah substansi yang dapat menyebabkan alergi atau hipersensitivitas spesifik substansi baik protein maupun memprotein yang menyebabkan alergi.

Alergi sendiri ketika anak mengalaminya pengaruh dari gen orangtuanya  adalah 70%, sedangkan dari faktor lainnya 30% berasal dari makanan atau lingkungan. Alergi terhadap lingkungan jarang ditemui namun alergi karena faktor makanan adalah yang sering banyak ditemui. Nah kalau  alergi kadang membuat kita sebagai moms harus lebih waspada tapi kan ngak mungkin juga membatasi kegiatan bermain sikecil bukan? Mungkin yang harus dilakukan adalah meminimalisir dampak supaya si kecil tidak kena alergi. Lalu apa saja macam-macam alergi yang sering terjadi pada anak? Untuk info ini dapat ke https://aslife.id/bekalPrestasi







Macam- Macam  Alergi Yang Terjadi Pada Anak 

Ada beberapa macam-macam alergi pada si kecil seperti 

1. Alergi pada kulit

Alergi yang terjadi pada kulit anak biasanya akan terlihat ruam, dan kemerahan. Permasalahan dari Bunda Nurul ketika memakai baju baru, atau jilbab baru kemudian menggendong Aiman buah hatinya, maka akan menyebabkan gatal pada kulit anaknya. Nah, yang paling tahu kondisi anak ketika alergi adalah moms sendiri. Perhatikan saja ciri-cirinya ketika terjadi alergi pada buah hati. 


Bunda Nurul saat mengendong Aiman

2. Alergi debu atau bulu

Alergi pada debu atau bulu biasanya menyebabkan anak akan bersin-bersin jika mereka sedang bermain atau bermain boneka ataupun duduk di karpet yang berbulu. Bahan bisa juga buku yang berdebu atau baju yang lama disimpan bisa menyebabkan menjadi pemicu terjadinya alergi.


3. Alergi hewan peliharaan

Alergi pada hewan peliharaan biasanya dipicu oleh paparan dari kulit atau bulu hewan peiharaan. Tanda-tanda umum saat alergi terjadi biasanya bersin, ataupun bisa mengalami gejala asma.

5.    
4. Alergi pada makanan

Alergi yang terjadi ketika anak memakan makanan tertentu. Makanan apa saja yang sering menyebabkan terjadi alergi pada anak? Diantaranya moms adalah susu sapi, sereal, kacang-kacangan, putih telur, udang, dan ikan. Namun moms ada juga yang bisa alergi pada penyedap makanan, ataupun zat pengawet pada makanan.


Tanda-tanda Alergi Pada Anak

Adapun tanda-tanda alergi  yang sering terjadi pada anak adalah sebagai berikut:
  • Bengkak pada wajah, bibir, dan lidah
  • Muntah-muntah
  • Diare
  • Gatal-gatal pada kulit terdapat bilur-biur menyerupai bekas luka
  • Batuk
  • Bersin-bersin
  • Kulit tampak memerah
  • Susah bernafas
  • Hilang kesadaran atau pingsan

LANGKAH-LANGKAH PENANGANAN SI KECIL PADA ALERGI

Moms untuk langkah penanganan agar si kecil diperkecil alerginya mungkin ada beberapa hal yang perlu diingat, yaitu

  • Pemberian nutrisi yang baik
Berikan si kecil Asi eksklusif selama 6 bulan dan dianjutkan dengan pemberian makanan pendamping saat si kecil sudah berusia 6 bulan.
  • Perbaiki nutrisi untuk momsnya
Saat sedang menyusui sebaiknya hindari pemicu alergi seperti teur, makanan laut, dan kacang-kacangan.

  • Kontrol lingkungan Si Kecil
Cara yang paling mudah adalah menjaga kebersihan di sekitar lingkungan Si Kecil. Hindari juga penggunaan karpet karena biasanya karpet mudah sekali dalam menangkap debu dan kotoran.


  • Rajin mencari informasi
Memiliki alergi bukan berarti Si Kecil tidak bisa mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan. Moms harus rajin mencari informasi mengenai sumber makanan pengganti agar kebutuhan nutrisi Si Kecil dapat terpenuhi dan proses tumbuh kembangnya berjalan optimal.



MORINAGA ALERGY WEEK 2019
KESUKSESAN IBU UNTUK BEKAL PRESTASI SI KECIL






Pas banget deh Moms pembahasannya tentang alergi sangat nyambung dengan kegiatan beberapa  waktu  tentang pembahasan alergi. Nah, benar-benar bermanfaat banget moms pembahasan tentang alergi.Salah satu yang dibahas oleh PT. Kalbe Nutritionals yang sangat mendukung program World Allergy Week setiap tahunnya melalui berbagai rangkaian program untuk membantu si kecil yang #Alergi tetap berprestasi. Menurut Devi Angraeni, selaku Senior Brand Manager Kalbe Nutritionals, acara  #Morinaga Allergy Week mempersembahkan program #BekalPrestasi yang dimana dalam program ini memberikan edukasi alergi lewat hospital seminar didukung oleh para ahli dokter spesialis anak. Dapat dilihat di www.cekalergi.com








Pada acara ini dapat juga berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak dari KLINIKDOKTER, serta penyediaan asuransi pendidikan anak, dan penyediaan asuransi untuk orangtua, serta inovasi produk yang berupa varian terbaru dari # Chil Kid Soya rasa madu untuk memenuhi kebutuhan dan kelengkapan si kecil. Ditambahkan menurut Devi Angraeni #BekalPrestasi bisa membantu generasi platinum untuk mencapai cita-cita dan kualitas terbaik dirinya.








Dewi Angraeni, Senior Brand Manager mengatakan juga disamping seminar edukasi dalam rangka program #BekalPrestasi, bahwa #Morinaga Allergy Week tahun ini mendukung prestasi si kecil lewat beberapa hal yaitu :

  • Dana Persiapan Pendidikan dari Astra Life senilai total Rp.500.000.000 untuk 5 orang pemenang
  • Dana Asuransi jiwa senilai total 1 Miliar rupiah untuk 2.000 pemenang
  • Voucher belanja masing-masing Rp. 200.000 untuk 3 pemenang setiap minggunya. Untuk program ini dapat dilihat moms di website www.cekalergi.com/BekalPrestasi.



Saat Berdua Si Kecil dengan CHIL KID SOYA Varian Madu







Saya mencoba varian baru dari Morinaga  dengan Chil Kid Soya Varian baru rasa madu. Nindy terlihat sangat senang. Permasalahan dengan Nindy adalah lidahnya sering terlihat ada bintil-bintil seperti sariwan. Nah, pas saya berikan Nindy Chil Kid Soya Varian madu terlihat suka dan menghabiskan susunya dengan cepat sekali.  Sst...ternyata Moms hasil survey terhadap ibu-ibu di Indonesia dengan anak yang alergi susu sapi, menunjukkan bahwa 100% Bunda Setuju Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges mengurangi gejala alergi  dan alergi tidak muncul lagi. Ternyata Morinaga merupakan #SusuAlergi  dan merupakan susu #AllergySolution.

Petunjuk penyiapan susu untuk Nindy

  • Tuangkan 180 m air matang hangat ke dalam gelas/botol. Air yang terlalu panas       mengurangi manfaat bifidobakteri hidup.
  • Tambahkan 5 sendok takar peres Morinaga Chi Kid Soya dengan menggunsksn sendok  takar yang tersedia.
  • Kocok atau aduk sampai susu larut dengan baik. Periksa juga moms apakah susu sudah  larut atau belum.
  • Segera konsumsi susu setelah dilarutkan. Sisa susu jangan diminum lagi ya apabila    sudah lebih dari 2 jam setelah dilarutkan.












Petunjuk penyimpanan susu 
  •  Setelah dibuka , lipat kembali dengan rapat supaya tidak ada udara yang masuk
  •  Simpan ditempat yang kering dan sejuk
  •  Gunakan sendok takar yang tersedia dalam kemasan. Cuci juga moms sendok takar   dengan air matang dan keringkan sebelum digunakan.
  •  Habiskan isinya dalam waktu kurang dari 2 minggu.



Oiya Moms saat acara Morinaga Astrid Tiar sebagai pengguna dari Morinaga Chil Kid Soya menjelaskan  “Putri sulung saya, Anabel, selama ini paling cocok dan paling menyukai Morinaga Chil Kid Soya, tapi selayaknya anak, kadang mereka juga kerap bosan. Untungnya Morinaga inovatif dalam menyediakan kelengkapan nutrisi Si Kecil dan meluncurkan varian baru yang kebetulan adalah varian favorit Anabel juga yaitu madu. Pada dasarnya Anabel sudah mengonsumsi madu sejak kecil karena kami memahami banyaknya manfaat madu bagi kesehatan. Jadi Anabel girang sekali sekarang karena susu favoritnya sudah punya varian madu”.


Pas banget dengan Nindy yang pertama kali saya berikan langsung suka dan alhamdulillah masalah lidahnya saat konsumsi susu ini tidak bermasalah. Malah lidahnya tidak terlihat bintil-bintil lagi.


Sekilas Tentang Morinaga 

Kalbe Nutritionals dan Morinanga Jepang, telah membentuk kerjasama pada tahun 1986 untuk memformulasi, memproduksi dan menjual Morinaga di Indonesia. Dengan fokus ASI. Morinaga juga banyak melakukan penelitian dengan mengembangkan nutrisi anak berkualitas. Adapun unggulannya adalah Formula Platinum, dengan sinergi lengkap yaitu:
1. Brain Care untuk kecerdasan Multitalenta
2. Body Defense untuk pertahanan Tubuh Ganda
3. Body Growth untuk Tumbuh Kembang Optimal

Jelas sekai Morinaga berperan lebih dari sekedar nutrisi yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan diseminasi yang terkait peningkatan kulaitas tumbuh kembang anak-anak Indonesia yang dilaksanakan secara multi peran yaitu orangtua, guru, dan tenaga medis untuk mewujudkan Indonesia Sehat menuju Indonesia yang lebih baik.

untuk info selanjutnya dapat ke sosial media Morinaga
  • Facebook Morinaga Platinum
  • Instagram @ Morinagaplatinum
  • Twitter @MorinagaID
  • Youtobe MorinagaPlatinum


Nah, gimana moms semoga saja share saya kali ini bermanfaat ya untuk memantau alergi pada si Kecil. Yuk bersama -sama menjadi orang tua yang lebih baik lagi untuk si Kecil tercinta. 


K
Sumber penulisan

https//www.alodoklis.com/alergi
https//kbbi.web.id/alergi
www.cekalergi.com/BekalPrestasi.

8 komentar:

  1. Kerennn..k Iday lanjutkan kak atau bunda Hodayati ....

    BalasHapus
  2. Kerennn..k Iday lanjutkan kak atau bunda Hodayati ....

    BalasHapus
  3. Rasa madu pasti disukai anak-anak nih..rasa yang udah familiar sama mereka

    BalasHapus
  4. Terima kasih sudah berbagi informasi kami sekeluarga alergi tapi dampak alerginya mengancam jiwa . Seketika bisa gagal nafas dan jantung berhenti. Ini sudah saya alami berkali kali, pun begitu putra saya. Jadi agak paranoid sama sumber alergen

    BalasHapus
  5. Informative sekali ulasan nya...skrg jd tau seluk beluk allergy pd anak dan penanganan nya

    BalasHapus